Dibutuhkan 1.000 Guru Lulusan PPG SM3T (Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal)

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Ada kabar gembira bagi 2.448 lulusan Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal (PPG SM3T) tahun 2013. Pemerintah membuka 1.000 formasi guru khusus untuk mereka. 

"Pemerintah akan menyediakan sandi khusus yang hanya dapat diakses lulusan PPG SM3T 2013," kata Staf ahli Wakil Rektor I Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) Dr. Paidi, seperti dikutip dari laman UNY, Sabtu (10/1/2015).

Dia menjelaskan, selama setahun, peserta SM3T menempuh berbagai tahap. Mereka mengikuti workshop, praktik di sekolah hingga uji kompetensi yang meliputi ujian kinerja dan ujian tulis. Pada sesi ujian tulis, peserta SM3T harus mengikuti ujian lokal dan ujian negara. “Ujian Tulis Negara turut menentukan kelulusan peserta program ini," imbuh Paidi.

Peserta yang tidak puas dengan nilai ujian mereka, kata staf ahli Wakil Rektor I, Dr. Margana, M.Hum., M.A., masih memiliki kesempatan mengikuti remidi. "Kebijakan ini diambil karena hanya 159 orang dari 225 peserta yang berhasil lulus dalam ujian tulis lokal PPG SM3T tahun lalu," tutur Margana. (rfa – Okezone.com)

Program PPG SM3T  selama 1 tahun telah menempuh workshop, PPL di sekolah dan berakhir pada uji kompetensi. Uji kompetensi terdiri  ujian kinerja di sekolah dan ujian tulis. Sementara ujian tulis terdiri dari Ujian Tulis Lokal dan Ujian Tulis Negara.  Salah satu persyaratan yang menentukan dalam kelulusan program PPG SM3T adalah Ujian Tulis Negara. “Ujian Tulis Negara diselenggarakan secara online dengan bentuk soal objektif pilihan ganda. Soal-soal untuk Ujian Tulis Negara PPG SM3T ini dibuat oleh tim Dikti,” lanjut Paidi.

Pada acara tersebut, Dr. Margana, M.Hum., M.A., staf ahli Wakil Rektor I juga menjelaskan tentang tingkat kelulusan Ujian Tulis Lokal untuk angkatan 2013 untuk tahun ini berjumlah 159 orang dari 225 peserta PPG SM3T. Bagi peserta Ujian Tulis Lokal yang belum lulus disediakan remidi untuk memperbaiki nilai. Ujian Tulis Lokal diselenggarakan oleh LPTK penyelenggara dengan soal lebih detail dan menyeluruh berupa studi kasus.

Selain itu juga disampaikan motivasi untuk para peserta PPG SM3T oleh Kepala BAKI UNY, Sukirjo, M.Pd. bahwa untuk meraih kesuksesan dibutuhkan sebuah energi positif untuk  yakin  pada diri sendiri  dan memiliki komitmen dan integritas yang kuat serta tidak melupakan kekuasaan sang Pencipta. 

Acara yang dibuka oleh Ketua Pengelola Kampus Wates, Bambang Saptono, M.Pd.  ini diakhiri dengan tanya jawab oleh peserta PPG SM3T. (tst - http://www.uny.ac.id)

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Dibutuhkan 1.000 Guru Lulusan PPG SM3T (Pendidikan Profesi Guru Sarjana Mendidik di Daerah Terdepan, Terluar dan Tertinggal)"