Gerakan Pramuka Siap Tangkal Paham Radikal di Indonesia

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Maraknya kembali kelompok-kelompok teroris di tanah air direspons langsung oleh Gerakan Pramuka. Wakil Ketua Kwarnas, Kak Suriyadi, menyatakan kesiapan Gerakan Pramuka untuk menangkal paham-paham radikal yang saat ini kembali muncul melalui representasi ISIS.

“Kami siap untuk terlibat langsung menangkal paham radikal dan teroris di tanah air. Di Pramuka, kita mengajarkan nilai-nilai nasionalisme kepada anak didik,” tegasnya ketika hadir dalam kegiatan Raimuna Daerah I Kalimantan Timur yang digelar di Venue Dayung Waduk Manggar, Balikpapan, 27-31 Desember 2014.

Raimuna Daerah ini diikuti oleh kurang lebih 300 peserta dari 10 Kwarcab di seluruh Kalimantan Timur. Hadir dari Andalan Nasional dalam acara Raimuna Daerah I Kaltim, antara lain, Kak Olivia Zaliyanty, Kak Sha Ine Febriyanti, Kak Adillah Yuswanti, Kak Agus Muslim, Kak Fachry Makassau, dan Kak Luqman Hakim Arifin.


Menurut Kak Suriyadi,  melalui Kurikulum 2013, Pramuka merupakan ekstrakurikuler wajib di sekolah-sekolah. Posisinya sangat strategis bagi bangsa ini, karena ada di mana-mana, dari pusat sampai daerah, dari anak usia muda  sampai dewasa. “Jadi sangat efektif untuk menangkal paham radikal yang masuk ke Indonesia,” ujar Kak Suriyadi yang juga menjadi Waka Pembinaan Peserta Usia Muda (Bina Muda).

Selain paham-paham radikal, Kwarnas Gerakan Pramuka juga selalu menyerukan kepada seluruh insan Pramuka untuk menjauhi Narkoba. Salah satunya dengan mengelar kegiatan Raimuna Daerah I di Balikpapan, Kalimantan Timur.

Ketua KwardaKalimantan Timur, Kak Hatta Zainal, juga menyatakan kesiapan pramuka-pramuka di Kalimantan Timur untuk menangkal tersebarnya paham-paham teroris dan radikal di bumi Borneo. “Peran Pramuka terbukti sangat mendasar dalam membentuk karakter nasionalisme anak bangsa,” ujar Kak Hatta. 

“Saya harap adik-adik peserta yang mengikuti Raimuna Daerah ini dapat terus mencintai tanah air melalui Pramuka,” tambahnya.


Referensi sumber artikel : http://pramuka.or.id

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Gerakan Pramuka Siap Tangkal Paham Radikal di Indonesia"

Post a Comment