Lirik Lagu Dan Not Angka Hymne Guru Versi Terbaru “Pahlawan Bangsa, Pembangun Insan Cendekia”

Sahabat Edukasi yang saat ini sedang berbahagia… 

Lagu Hymne Guru diciptkana oleh Sartono (lahir di Madiun, Jawa Timur, 29 Mei 1936; umur 78 tahun) adalah seorang mantan guru seni musik yayasan swasta di Kota Madiun, Jawa Timur, yang dikenal dengan prestasinya dalam menciptakan lagu "Hymne Guru, Pahlawan Tanpa Tanda Jasa" pada tahun 1980-an. 

Sebuah lagu wajib yang kini selalu dinyanyikan di sekolah-sekolah baik tingkat SD sampai dengan SMA dan sederajat di seluruh wilayah di Indonesia.

Sartono mempelajari musik secara otodidak tanpa mengenyam pendidikan tinggi tentang musik. Pada tahun 1978, Sartono adalah satu-satunya guru seni musik yang bisa membaca not balok di wilayah Madiun. Karena keterbatasan alat musik yang ia miliki, lagu "Hymne Guru". Ia ciptakan dengan bersiul sambil menorehkannya ke dalam catatan kertas.

Syair lagu Hymne Guru mengalami perubahan pada akhir lirik lagunya sejak tahun 2008 lalu tepatnya yakni peringatan Hari Guru ke- 25 tahun 2008 untuk menyesuaikan dengan kondisi guru saat  ini.

Setelah adanya kesepakatan antara Sartono sebagai pencipta lagu dengan Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan Departemen Pendidikan Nasional serta PGRI maka di mana lirik “Pahlawan Bangsa, Tanpa Tanda Jasa” diganti dengan “Pahlawan Bangsa, Pembangun Insan Cendekia”.

Berikut lirik lagu Hymne Guru terbaru dengan judul "Pahlawan Pembangun Insan Cendekia" beserta not angka lagunya, sebagai berikut :

Lirik Lagu Hymne Guru
Ciptaan : Sartono

Terpujilah wahai engkau ibu bapak guru
Namamu akan selalu hidup dalam sanubariku
Semua baktimu akan kuukir di dalam hatiku
Sebagai prasasti terima kasihku tuk pengabdianmu

Engkau sebagai pelita dalam kegelapan
Engkau laksana embun penyejuk dalam kehausan
Engkau patriot pahlawan bangsa
Insan Cendekia

Not Angka Hymne Guru
Ciptaan : Sartono


Demikian share tentang pencipta lagu, lirik lagu beserta not angka dari lagu “Hymne Guru” versi terbaru hingga saat ini. Jayalah guru-guru Indonesia dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Lirik Lagu Dan Not Angka Hymne Guru Versi Terbaru “Pahlawan Bangsa, Pembangun Insan Cendekia”"

Post a Comment