Tips / Cara Agar Lulus CPNS Dengan Biaya Murah

Sahabat Edukasi yang saat ini sedang berbahagia… 

Menjadi PNS (Pegawai Negeri Sipil) yang merupakan Abdi Negara hingga saat ini masih menjadi salah satu pilihan profesi dan karir bagi sebagian besar lulusan pendidikan tinggi di Indonesia hingga akhir-akhir ini. Hal tersebut dibuktikan dengan selalu membludaknya para pelamar seleksi CPNS hingga tahun 2014 kemarin.

Namun ternyata sampai dengan hari ini, dari pengalaman saya pribadi khususnya bagi orang tua yang anaknya kebetulan ikut seleksi tes CPNS masih berasumsi bahwasannya menjadi CPNS di jaman yang katanya serba materi ini harus bayar sekian-sekian yang jumlahnya bagi saya cukup fantastis karena jumlahnya bukan hanya puluhan juta bahkan lebih dari seratur juta… wowww…?

Dan acapkali dalam setiap pertanyaan yang dilontarkan ke saya tersebut malah isinya seringkali menjadi ajang perdebatan kecil dikarenakan tidak percaya bahwasannya saya dulu keterima PNS itu gratis. 

Dan ujung-ujungnya sumpah serapah saya pun keluar bahwasannya saya waktu mendaftar CPNS sampai dengan lulus CPNS itu tidak pake biaya sampai puluhan juta apalagi ratusan juta.
Boro-boro ratusan juta, cukup untuk makan sehari-hari sendiri pun harus kerja mati-matian (tidak mati beneran, red)... Hehehe….

Namun saya juga mengeluarkan uang tapi tidak terlalu banyak jumlahnya, ya katakanlah berkisar 1 jutaan saja. Sekalian saja deh saya sebutkan untuk apa dan untuk siapa saja uang tersebut :

1. Untuk penjual buku, saya bayar sekitar Rp. 50.000 untuk membeli buku belajar soal-soal CPNS. Dan beberapa puluh ribu untuk beli Koran.

2.  Sekitar total Rp. 200.000,- saya bayar untuk penjaga Warnet, maklum waktu itu saya belum punya komputer sendiri, dan tentu saja saya online untuk menambah referensi belajar pada poin. 1 di atas.

3.  Biaya transportasi dan konsumsi saat daftar CPNS, pengambilan kartu peserta, saat tes tertulis, sampai dengan biaya akomodasi diri-sendiri saat melihat pengumuman hasil seleksi CPNS.

4.   Lain-lain, misalnya beli pulsa untuk konsultasi pada teman yang sudah berpengalaman lulus terlebih dahulu daripada saya, untuk photocopy buku, beli peralatan tes tertulis, baju kemeja putih, dasi, dan perlengkapan lain yang dibutuhkan dan tentu saja menjadi aset pribadi.

5.  Ya cukup itu saja dulu, kalau nanti ada yang ingat akan saya tambahkan lagi Rekan… Harap maklum, sudah tua… J

Dan ternyata murah khan kawan biaya yang dibutuhkan untuk mengikuti seleksi CPNS, dan alhamdulillaah berhasil lulus menjadi PNS ini?

Namun menurut saya yang mahal bahkan mungkin tak akan terbeli dengan uang adalah semangat pantang menyerah, selalu belajar sepanjang waktu, sabar dalam berusaha, dan pastinya jangan lupa berdo’a kepada-Nya agar jadi apapun kita nanti, walaupun tidak jadi PNS, namun kita bisa menjadi orang yang sukses, karena tidak ada yang sia-sia jika kita berhasil menjadi orang yang bijak lagi berilmu.

Jangan lupa juga Rekan, ini juga nasehat untuk saya sendiri, senantiasa bersyukur dalam setiap keadaan, kesehatan merupakan kekayaan tak ternilai, keluarga adalah karunia tak terbeli dan masih tak terhitung lagi nikmat-nikmat lain dari-Nya yang belum sempat disyukuri, dengan begitu insya Allaah semuanya kelak akan menjadi berkah. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Agar Lulus CPNS Dengan Biaya Murah"

Post a Comment