Tips / Cara Belajar Efektif Persiapan UN Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Tinggal beberapa bulan lagi perhelatan akbar dunia pendidikan, ujian nasional (UN) tahun 2015 akan digelar.

Meskipun sekarang UN tahun 2015 ini tidak lagi menjadi penentu kelulusan, bukan berarti untuk menghadapinya tidak diperlukan persiapan.

Berikut beberapa tips belajar efektif persiapan UN oleh Psikolog, Ayu Windiyaningrum, M.Psi. yang bisa membantu mempersiapkan diri dalam menghadapi UN tahun ini, sebagai berikut :

1.   Ciptakan Suasana Nyaman dan Kondusif Dalam Belajar

Setiap orang memiliki cara dan kesukaan yang berbeda dalam belajar. Misalnya dengan mendengarkan musik atau lagu yang sesuai dengan mood untuk membangkitkan semangat belajar.

Perpustakaan atau taman dapat menjadi alternatif pilihan tempat belajar yang lebih bervariasi sehingga tidak mudah bosan. Belajar dan berdiskusi bersama teman juga dapat membantu untuk lebih memahami materi pelajaran.

2.   Belajar di Waktu Santai

Serius tapi santai! Belajar serius dengan situasi yang santai dan nyaman tentu akan dapat mengoptimalkan hasil belajar. Belajar juga akan sangat menyenangkan bila dalam kondisi tubuh yang bugar. Bangun pagi dengan udara yang masih segar, sehingga pelajaran akan terserap lebih baik.

Setiap orang memiliki waktu belajar masing-masing. Tapi ingat ya, sistem kebut semalam lebih baik tidak dipakai jika ingin mendapatkan hasil maksimal.

3.   Olahraga

Olahraga rutin untuk menjaga stamina tubuh dan kondisi tetap sehat menjelang ujian. Tidak perlu olahraga berat, menyisihkan waktu 30 menit setiap hari untuk sekadar jalan kaki dan menggerakkan anggota tubuh lainnya akan mengembalikan energi yang terkuras karena belajar.

4.   Buat Catatan Materi yang Sudah Dipelajari

Buat catatan atau ringkasan untuk membantu mengingat materi yang telah dipelajari. Gunakan tulisan, gambar, atau warna yang menarik. Teknik mindmap juga dapat digunakan selain untuk mencatat juga untuk untuk membantu dalam memahami materi.

5.   Kenali Kata-kata Kunci

Kenali kata kunci dalam memahami materi dan membantu mengingat. Misalnya dengan membuat singkatan “MEJIKUHIBINIU” untuk warna pelangi yaitu merah-jingga-kuning-hijau-biru-nila dan ungu. Mudah bukan?

6.   Latih Kemampuan Penyelesaian Soal

Belajar tidak melulu dilakukan dengan menghafal. Untuk mengukur kemampuan kita, salah satunya bisa dengan melatih kemampuan pemecahan masalah melalui soal-soal latihan. Gunakan soal-soal prediksi atau kisi-kisi ujian yang sudah disiapkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).

7.   Berdoa dan Minta Restu Orang Tua

Selain berusaha dengan belajar, jangan lupa untuk berdoa. Sebelum berangkat ke sekolah jangan lupa pamitan dan minta restu dari orang tua.

8.   Istirahat Yang Cukup

Ingat, otak dan tubuh perlu istirahat. Jangan karena terlalu semangat menghadapi ujian jadi lupa istirahat.

9.   Jaga Asupan Gizi

Selama belajar, tubuh mengeluarkan energi yang tidak sedikit. Oleh karena itu harus diimbangi dengan gizi yang cukup. Makanan bergizi tidak perlu mahal. Yang penting semua zat yang diperlukan tubuh terpenuhi seperti : tempe, tahu, ikan, ayam, sayur-sayuran, dan susu.

10.    Catat Jadwal UN dan Datang Lebih Awal

Catat jadwal UN dengan baik, jangan sampai lupa hari ujian ataupun salah materi yang diujikan. Datang lebih awal ke lokasi ujian, jangan sampai terlambat. Datang lebih awal akan memberikan waktu yang cukup untuk istirahat sebelum memulai ujian.

11.    Berpikiran Positif dan Percaya Diri

UN adalah pengukur sejauh mana kompetensimu di beberapa mata pelajaran. Belajar dengan baik dan berpikiran positif terhadap ujian. Percaya diri dengan kemampuan yang dimiliki sehingga tidak perlu menyontek ataupun khawatir dengan ujian yang akan dilakukan.

Demikian tips belajar efektif untuk lebih mempersiapkan diri jelang pelaksanaan Ujian Nasional Tahun 2015 ini yang admin share dari Tabloid Asah-Asuh Kemdikbud Edisi Khusus UN 2015. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Belajar Efektif Persiapan UN Tahun 2015"

Post a Comment