Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0 Tahun 2015 Untuk Entry Data Siswa Baru Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Meluluskan Peserta Didik Tahun 2015

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Gerak langkah rekan operator sekolah Dapodikdas maupun Dapodikmen semakin diperhitungkan di sekolah karena perannya yang semakin urgen dalam pengelolaan manajemen data pendidikan yang semakin komprehensif, bukan semata data siswa, data guru, maupun data dari sekolah itu sendiri, akan tetapi juga meluas kepada pelaporan rekapitulasi penggunaan dana BOS, aplikasi rapor, hingga aplikasi-aplikasi pendidikan lainnya yang tentunya hal ini akan semakin mempermudah proses pengerjaan serta peningkatan kualitas dari pekerjaan-pekerjaan yang dulunya harus dientry secara satu persatu alias manual.

Untuk tahun pelajaran 2015/2016 mendatang, versi aplikasi Dapodikdas akan dirilis versi terbarunya yakni Dapodikdas v.4.0.0 yang dijadwalkan akan dirilis sesuai kalender Dapodikdas pada tanggal 30 Juli 2015 yang mana pada saat itu telah memasuki akhir bulan puasa Ramadhan menjelang Hari Raya Idul Fitri 1436 H.

Pada aplikasi Dapodikdas generasi 4 yang diawali pada versi V.4.0.0 untuk input / entry data Dapodikdas (Data Pokok Pendidikan Dasar) jenjang SD, SMP, dan SLB pada semester I (ganjil) tahun ajaran 2015/2016 terdapat beberapa perubahan (perbaikan dan pembaruan).

Berikut daftar perubahan yang terdiri dari perbaikan dan pembaruan aplikasi Dapodikdas v.4.0.0 dibandingkan dengan versi aplikasi Dapodikdas sebelumnya yang admin share dari Bpk. Yusuf Rokhmat, di antaranya adalah sebagai berikut :


1.   Perbaikan : Pelebaran 14 digit pada kolom NRG di Riwayat sertifikasi
2.   Pembaruan : Kolom NPWP Sekolah di Form Sekolah
3.   Pembaruan : Isian Hobby di form Registrasi Peserta Didik
4.   Pembaruan : Isian Cita-cita di form Registrasi Peserta
5.   Pembaruan : Isian No SKHUN untuk jenjang SMP di Form Registrasi Peserta Didik
6.   Pembaruan : Isian No Peserta UN untuk jenjang SMP di Form Registrasi Peserta Didik
7.   Pembaruan : Isian No Seri ljazah di form Registrasi Peserta Didik
8.   Pembaruan : Modul Layanan Khusus Sekolah
9.   Pembaruan : Modul Program Inklusi Sekolah
10.    Pembaruan : Kolom "Keterangan- pada tabel Prasarana
11.    Pembaruan : Kolom "Spesifikasi- pada tabel Sarana
12.    Pembaruan : Menu Unduh Daftar Peserta Didik Keluar
13.    Pembaruan : Menonaktifkan isian lintang dan bujur di form Sekolah
14.    Pembaruan : Modul tambah peserta didik baru/mutasi secara online
15.    Pembaruan : Penguncian nama, NUPTK, Tanggal Lahir, Nama Ibu Kandung, dan Jenis Kelamin
16.    Pembaruan : Penguncian nama, NISN, Tanggal Lahir pada data Peserta Didik
17.    Pembaruan : Penambahan referensi kurikulum pada sekolah SPK (Sekolah Pendidikan Kerjasama).

Baca juga : Aplikasi Dapodikdas v.4.0.0 Akan Dirilis Resmi pada Tanggal 30 Juli 2015. 

Oleh karena itu, untuk mempersiapkan data-data pokok pendidikan mulai dari data peserta didik baru, data PTK, hingga data sekolah lainnya hendaknya benar-benar dipersiapkan secara matang dan perlu dikoordinasikan kepada Kepala Sekolah maupun Rekan PTK lainnya agar kirannya saat proses input data nantinya kita tidak mengalami kesulitan dalam hal sumber data, bukti fisik dan kelengkapan lainnya.

Beberapa hal yang perlu disiapkan dalam proses updating data di tahun pelajaran 2015/2016 nantinya di antaranya :

1.   Formulir peserta didik yang poin-poin penting isian data serta lampirannya diperlukan dalam pengisian Dapodik, seperti KK untuk mengetahui NIK, Kartu Perlindungan Sosial / KPS (bagi peserta didik baru yang memiliki), akta lahir untuk peserta didik baru jenjang SD, maupun untuk kelengkapan dan akurasi data periodik peserta didik lainnya.

2.   Untuk data PTK juga perlu dilampirkan fotocopy SK kenaikan pangkat terbaru, SK kenaikan gaji berkala terakhir bagi PTK PNS, sertifikat pendidik, dan data PTK lainnya.

3.  Data sekolah perlu diinput status akreditasi, rekening BOS, dan data-data lain terkait sekolah yang kebetulan belum dientrikan.pada versi sebelumnya.

4. Tersedianya fasilitas komputer PC maupun laptop yang fit serta jaringan internet yang OK, agar sinkronisasi berjalan lancar.

5.   Dan lain sebagainya.

Demikian informasi yang dapat saya share pada kesempatan pada hari ini, semoga bermanfaat bagi kita semua… Salam Satu Data Berkualitas Dapodikdas Dua Ribu Lima Belas…!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Aplikasi Dapodikdas Versi 4.0.0 Tahun 2015 Untuk Entry Data Siswa Baru Tahun Pelajaran 2015/2016 dan Meluluskan Peserta Didik Tahun 2015"