Ditjen Dikdasmen Lakukan Konsolidasi Dapodik – Upaya Integrasi Dapodikdas dan Dapodikmen Menjadi Dapodikdasmen

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia…

Adanya wacana akan terintegrasi (digabungkan menjadi satu) antara aplikasi Dapodikdas jenjang SD – SMP dengan aplikasi Dapodikmen jenjang SMA/SMK selama ini sepertinya sudah semakin mendekati realisasi.

Sehubungan dengan upaya integrasi antara aplikasi Dapodikdas dan Dapodikmen tersebut, berikut informasi selengkapnya yang admin share dari laman Dirjen Dikdas Kemdikbud RI selengkapnya :

Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Ditjen Dikdasmen), yang keberadaannya merupakan amanah Pasal 4, Peraturan Presiden Nomor 14 Tahun 2015 tentang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), melakukan konsolidasi program dan kegiatan.
Salah satu program yang dikonsolidasikan adalah Data Pokok Pendidikan (Dapodik), yang sebelumnya berada di bawah koordinasi dua Direktorat Jenderal, yaitu Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dengan nama Data Pokok Pendidikan Dasar (Dapodikdas) dan Direktorat Jenderal Pendidikan Menengah dengan nama Data Pokok Pendidikan Menengah (Dapodikmen).

Beberapa hal yang menjadi tema pembahasan dalam rapat konsolidasi Dapodik itu adalah Sumber Daya Manusia (SDM) dan infrastruktur yang meliputi hardware dan software Dapodik. Tema ini dibicarakan secara matang di Ruang Sidang Gedung E lantai 5, Kompleks Kemendikbud, Senayan, Jakarta, Selasa 23 Juni 2015, dengan dihadiri beberapa pejabat dan staf yang selama ini menggeluti Dapodik.

Upaya integrasi Dapodikdas dan Dapodikmen menjadi Dapodikdasmen itu juga merupakan konsekuensi dari lahirnya Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 11 tahun 2015 tentang Organisasi dan Tata Kerja Kemendikbud, khususnya pada BAB V Pasal 345 tentang Kedudukan, Tugas dan Fungsi Ditjen Dikdasmen.

Tentu, konsolidasi di atas juga merupakan gerak cepat Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Hamid Muhammad, yang telah dilantik pada 17 Juni 2015, di Plaza Insan Berprestasi, Gedung A, Komplek Kemendikbud, Senayan, Jakarta.

Selain membahas Dapodik, Ditjen Dikdasmen juga akan membahas beberapa tema lainnya seperti penataan pegawai di lingkungan Ditjen Dikdasmen.* (M. Adib Minanurohim)


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Ditjen Dikdasmen Lakukan Konsolidasi Dapodik – Upaya Integrasi Dapodikdas dan Dapodikmen Menjadi Dapodikdasmen"

Post a Comment