Tips / Cara Menjaga Kesehatan Bagi Yang Biasa Kerja Dengan Komputer / Laptop

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Di saat ini, kerja di depan komputer / laptop hampir dipastikan membuat tubuh ini kurang bergerak, karena posisi yang dilakukan saat bekerja di depan laptop / komputer adalah duduk dikursi, lesehan di lantai, sebagian lagi dengan berdiri seperti komputer yang tersedia secara gratis di tempat fasilitas umum atau bahkan sambil tiduran di kamar, dan sebagainya.

Oleh karena itu, untuk menjaga kesehatan tentunya dibutuhkan juga gerak badan alias olah raga barang sebentar agar otot-otot yang cenderung kaku karena kurang gerak dapat dikendorkan kembali, peredaran darah pun semakin membaik dan pada akhirnya vitalitas kesehatan akan tetap prima dan terjaga.


Lalu, apa saja olah raga ringan yang dapat Sahabat-sahabat lakukan untuk menjaga kesehatan walaupun seringkali bekerja dengan laptop / komputer, di antaranya :

1.   Atur posisi tempat duduk dan pastikan posisi monitor tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat, yang pasti buat posisi badan maupun mata Anda senyaman mungkin.

2.  Jangan terlalu lama mata dibiarkan fokus pada layar monitor komputer, berikan relaksasi dengan berkedip, lihat kanan, kiri, atas dan bawah sekali-kali agar mata tak terlalu cepat lelah dan berat.

3.   Sekali-kali juga ambil posisi lain, misalnya berdiri sebentar, gerakkan badan, dan lemaskan bagian-bagian yang terasa kaku, agar kram tidak terjadi karena peredaran darah normal kembali.

4.  Jika pun sempat, lakukan olah raga di pagi hari, seperti jogging, senam pagi, jalan sehat, dan sebagainya.

5.   Olah raga alternatif di rumah pun dapat dilakukan dengan sekali-kali mencuci kendaraan sendiri, bersih-bersih rumah, dan aktivitas sehari-hari di rumah yang melibatkan aktifitas fisik.

6.   Sebelum tidur silahkan lemaskan badan terlebih dahulu dengan gerakan pelemasan saja, dan usahakan minum air putih sebelum dan sebangun dari tidur untuk menghindari dehidrasi.

Demikian beberapa tips / cara menjaga kesehatan bagi Rekan-rekan yang terbiasa bekerja di depan laptop / komputer. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Menjaga Kesehatan Bagi Yang Biasa Kerja Dengan Komputer / Laptop"

Post a Comment