Merealisasikan / Membuktikan Komitmen Dalam Pekerjaan / Tugas Itu Memang Berat dan Tidak Mudah Tapi Juga Tidak Begitu Sulit

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Pengertian / definisi dari komitmen menurut KKBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), komitmen adalah perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu ; kontrak.

Dalam setiap bidang pekerjaan / tugas, dipastikan kesemuanya memiliki komitmen tersendiri, baik secara tertulis ataupun tidak tertulis. Dan dalam dunia kepegawaian khususnya yang berstatus PNS dipastikan semuanya pernah mendapatkan proses komitmen tertulis yang biasanya ditandatangani pada awal tugasnya atau beberapa saat sebelum SK diterima.

Akan tetapi memang pada kenyataannya, mempertahankan komitmen memang bukan hal yang gampang seperti misalnya, seorang PNS harus mau ditempatkan di mana saja dalam kurun waktu 10 tahun. 

Akan tetapi, ada beberapa yang setelah pelaksanaan tugas / pekerjaan tersebut berjalan baru beberapa tahun, sudah mengurus mutasi (pindah) dan sebagainya dengan alasan-alasan logis tentunya.

Oleh karena itu memang, untuk membuktikan komitmen yang taruhlah telah disepakati hanya dalam waktu sekian menit terhitung setelah kita membaca surat perjanjian / kontrak tertulis, lalu kita membubuhi materai dan menandatanganinya ternyata untuk membuktikan atau merealisasikan pelaksanaan tugas tersebut sangat berat.

Walaupun berat baik karena alasan penempatan yang jauh dari perkotaan, di pelosok, daerah terpencil / terisolir dan sebagainya, tentu saja tidak terlalu sulit jika kita sudah niatkan dari awal yang dibarengi dengan tekad serta niat yang baik, dan yang terpenting setiap proses pelaksanaan tugas pekerjaan tersebut dapat kita nikmati dengan sepenuh keihklasan dan berdasarkan pengabdian dan pembelajaran dan tentunya akan menjadi ladang amal kebaikan ibadah tentunya.

Semoga saja kita termasuk dalam bagian pegawai yang komitmen demi bangsa Indonesia tercinta ke depannya. Dan semoga kita juga diberikan kekuatan dan petunjuk oleh Allah SWT untuk senantiasa mampu menjalani setiap tugas dan amanah yang telah dibebankan kepada kita seminimal mungkin beberapa tahun sesuai dengan isi perjanjian yang sudah kita sepakati sendiri…. Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Merealisasikan / Membuktikan Komitmen Dalam Pekerjaan / Tugas Itu Memang Berat dan Tidak Mudah Tapi Juga Tidak Begitu Sulit "

Post a Comment