Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho Program Teacher Training (Penataran Guru) di Jepang Tahun 2016, dibuka Mulai Bulan Desember 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Berdasarkan informasi resmi dari situs Kedubes Resmi Jepang di Indonesia tentang Pengumuman mengenai Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) program Teacher Training untuk untuk meluruskan berita yang beredar, sebagai berikut :

Sehubungan dengan adanya informasi yang beredar mengenai telah dibukanya pendaftaran beasiswa Monbukagakusho/MEXT untuk program Teacher Training, dengan ini kami sampaikan bahwa pendaftaran untuk program Teacher Training (Penataran Guru) untuk keberangkatan bulan Oktober 2016, baru akan dibuka kembali pada bulan Desember 2015 mendatang (untuk tanggal-nya akan ditentukan kemudian).

Program Penataran Guru (Teacher Training Program) adalah salah satu program beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) yang dirancang khusus bagi para guru untuk meningkatkan kualitas pengajaran sesuai dengan bidangnya.

Mereka akan diberikan pelatihan dalam cara mengajar, pembuatan rencana belajar-mengajar yang lebih efektif dan menarik minat siswa dan hal-hal lain yang dapat meningkatkan kualitas dan kemampuan para guru. Program ini adalah program non-gelar dan lamanya adalah 1 tahun 6 bulan (termasuk 6 bulan belajar bahasa Jepang)

Fasilitas yang didapat:

1.   Tanpa ikatan Dinas
2.   Tiket pesawat kelas ekonomi p.p. Indonesia (Jakarta) – Jepang (Tokyo/Osaka)
3.   Full cover biaya pendidikan, full cover biaya pembuatan visa pelajar
4.   Tunjangan hidup sebesar ¥ 143.000 per bulan, yang diberikan setiap akhir bulan selama masa studi di Jepang (ada kemungkinan jumlah tunjangan akan mengalami perubahan)
5.   Peserta disediakan asrama yang pembayarannya diatur sendiri oleh penerima beasiswa

Syarat-syarat pelamar:

1.   Memiliki dedikasi yang tinggi sebagai seorang guru/pengajar
2.   Lulusan minimal S1 atau D4
3.   Guru yang sedang aktif mengajar di lembaga pendidikan formal SD, SMP, SMA dan Sederajat (SMK, Madrasah, dsj), serta SLB
4.   Pelamar telah mengajar lebih dari 5 tahun di lembaga pendidikan formal pada tanggal 1 April 2015
5.   Semua bidang ditawarkan kecuali, PKN, Bahasa Indonesia, Bahasa Daerah, Bahasa Arab, Pendidikan Agama, dan Perhotelan
6.   Usia di bawah 35 tahun.
7.   Sehat jasmani dan rohani (bagi pelamar wanita tidak diperbolehkan dalam kondisi hamil saat melamar maupun saat keberangkatan)
8.   Bersedia belajar bahasa Jepang karena bahasa pengantar di universitas adalah bahasa Jepang.

Untuk mengetahui Dokumen yang diperlukan, Cara Pelamaran, Tahap Penyeleksian selengkapnya dapat dilihat pada links sumber artikel pada tautan berikut http://www.id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html.

Dan jika ada pertanyaan tentang Beasiswa Pemerintah Jepang (Monbukagakusho) program Teacher Training ini, dapat disampaikan melalui email ke beasiswa@dj.mofa.go.jp. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pendaftaran Beasiswa Monbukagakusho Program Teacher Training (Penataran Guru) di Jepang Tahun 2016, dibuka Mulai Bulan Desember 2015"

Post a Comment