Takutilah Kegagalan Jika Ingin Sukses

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Takutlah gagal jika ingin sukses, lalu timbul pertanyaan, takut pada kegagalan…? bisakah sukses? Itu tentu menjadi sebuah pertanyaan bagi sebagian Sahabat yang akan saya coba ulas jawabannya pada artikel berikut ini.

Rasa takut yang ada pada setiap orang itu tentu saja manusiawi alias wajar-wajar saja. Karena memang rasa takut itu diberikan kepada setiap manusia oleh Sang Pencipta yang salah satu tujuannya tentu agar seseorang tersebut justru selamat, terhindar dari bahaya, celaka, dan sebagainya.

Seperti halnya orang yang takut sakit, maka ia pun menjaga betul untuk berkebiasaan berpola hidup sehat. Orang yang takut digigit ular di ladang, maka ia pun memakai sepatu, dan lain sebagainya. Contoh lainnya adalah ketika seseorang tiba-tiba mendengar bunyi klakson motor atau mobil, maka secara spontanitas pun ia akan melihat dari mana sumber suara klakson itu, dan secara spontanitas pun ia akan memposisikan dirinya pada suatu tempat yang aman agar tidak tertabrak oleh kendaraan itu.

Tak terkecuali untuk sukses, sebenarnya yang kita perlukan adalah kita harus takut pada kegagalan. Bukan berarti takut gagal sehingga kita tidak mau mencoba sesuatu, akan tetapi belajar lebih hati-hati, sehingga kegagalan-kegagalan itu biasa seperti rasa takut yang semakin sirna nantinya. Seperti halnya seseorang yang jatuh akibat menghindari mobil yang akan menabrak dirinya, tentu jatuhnya itu tidak akan pernah ia sesali bukan, begitu juga saat kita berusaha meraih sukses dalam rangka menghindari kegagalan, maka beberapa kejadian yang bahkan dianggap "kegagalan" itupun tak pernah kita sesali.

Untuk tidak gagal, tentu saja seseorang akan bekerja keras sekaligus cerdas agar gagal tidak ditemuinya di lain kesempatan. Dan tentu saja jika disikapi dengan sudut pandang yang objektif, tidak takut pada kegagalan memang terkadang membuat seseorang semakin malas untuk memajukan dirinya, namun juga sebagian lainnya justru berjibaku untuk senantiasa maju dan berkembang.

Kata kuncinya semakin takut pada sesuatu, maka seseorang akan cenderung menghindari sesuatu yang ia takutkan tersebut, dan selanjutnya ia akan selalu berusaha untuk memposisikan dirinya pada zona aman serta tempat yang nyaman, yakni kesuksesan itu sendiri.

Semangat menuju sukses Sahabat, dan takutilah kegagalan hidup agar kita senantiasa bekerja keras, belajar, dan tentu saja senantiasa berdo’a kepada Allah SWT agar kita dijauhkan dari kegagalan hidup dan selalu didekatkan dengan kesuksesan hidup… aamiin… Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Takutilah Kegagalan Jika Ingin Sukses"

Post a Comment