Tips / Cara Mengatasi Stress Pada Saat Tugas / Pekerjaan Menumpuk

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Adanya kesibukan pada setiap dari kita merupakan sebuah amanat yang tentu saja harus kita lakukan seoptimal mungkin.

Namun ada kalanya, ketika tugas yang super numpuk, batas waktu / dead line yang semakin dekat, serta berbagai alasan lain yang menyebabkan waktu luang untuk beristirahat pun sangat minim, sehingga membuat pikiran kita pusing hingga sepuluh keliling... J

Dan tentu saja ini membutuhkan manajemen waktu yang baik, di mana untuk bekerja, beribadah, beristirahat, dan alokasi waktu lainnya. Akan tetapi bagi yang sudah terbiasa bekerja lembur atau bekerja super ekstra tentu ritme pola hidup keseharian pun dapat mengikuti.

Dari pengalaman pribadi saya sendiri, salah satu hal yan mampu membuat diri ini sangat pusing adalah ketika tugas bersamaan, deadline bersamaan, dan melibatkan banyak pihak. Tentu saja jika kita lakukan sendiri tugas tersebut porsinya berlebih, sehingga ada beberapa item pekerjaan lainnya yang tidak bisa optimal hasilnya, dan tentu ini akan membuat pihak terkait kurang respek dengan kita tentunya.

Yang rumitnya lagi, adakalanya pihak lain tersebut belum mengerti akan situasi dan keadaan kita sesungguhnya yang sebenarnya telah kita lakukan semaksimal mungkin, akan tetapi karena overload tadilah sehingga kemungkinan bekerja terlalu cepat, kurang teliti, kurang fokus dan lain sebagainya juga berimbas pada kurangnya mutu / kualitas dari hasil pekerjaan ataupun pelaksanaan kegiatan pada salah satu item.

Jika sudah dirasa memang harus kita yang mengerjakan semuanya, maka kita perlu memberikan ruang bagi diri-sendiri agar tidak terjadi stress yang berlebih dengan cara menyalurkan hobi / kegemaran Anda dalam beberapa waktu, contohnya seperti saya menulis artikel ini. Kemudian, jika sudah benar-benar lelah, beristirahatlah barang sejenak. Setelah itu, lakukan aktivitas seperti biasa dengan menikmati seluruh proses yang ada, sehingga yang berat tidak terlalu terasa berat, yang rumit pun terasa tidak terlalu rumit, serta yang lama pun terasa tidak terlalu lama.

Tidak mungkin bagi seseorang untuk dapat menyenangkan bagi setiap orang, yang terpenting adalah tetap bekerja optimal sembari memperhatikan diri-sendiri untuk terus berkembang lebih baik daripada terbebani beberapa hal yang memang di luar kendali dan kesanggupan diri... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips / Cara Mengatasi Stress Pada Saat Tugas / Pekerjaan Menumpuk"

Post a Comment