Berusaha Menjadi Pemimpin Yang Bertanggung Jawab

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Siapapun kita, sejatinya semuanya adalah pemimpin. Oleh karena itu, tanggung jawab akan selalu melekat pada diri kita, hanya saja cakupan, bidang, ataupun porsinya saja yang berbeda, namun esensinya adalah sama, dalam setiap kepemimpinan akan selalu ada tanggung jawab di dalamnya.

Selain daripada bertanggungjawab pada kehidupan diri-sendiri, kita juga memiliki tanggung jawab di atas kehidupan orang lainnya, baik keluarga kita, lingkungan, agama, bangsa dan negara Indonesia tercinta.

Lalu bagaimana menjadi pemimpin yang bertanggung jawab itu? Pemimpin itu mampu menuntun, menunjukkan jalan, membimbing, memandu, melatih (mendidik, mengajari, dan sebagainya). Dan dalam kepemimpinan suatu kelompok atau organisasi, maka seorang pemimpin harus mampu mengendalikan jalannya program-progam dari kelompok atau organisasi yang dipimpinya untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya atau mampu mewujudkan cita-cita, visi, dan misi bersama.


Seorang pemimpin yang mampu memberikan contoh tentu ia telah berhasil menampilkan kualitas kinerja ataupun karya yang nyata, peran pemimpin yang mampu menjadi pembimbing tentu telah memiliki pengalaman dan kompetensi yang dapat ia tampilkan bagi yang dipimpinnya.

Maka untuk menjadi pemimpin yang bertanggung jawab maka seseorang harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, mampu memberikan contoh kinerja yang terbaik, mampu mengakomodir setiap permasalahan menjadi sebuah tantangan, dan tetap mampu memberikan solusi atas apapun yang terjadi sekaligus selalu siap menanggung atas segala konskuensi dan menjawab setiap tantangan. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Berusaha Menjadi Pemimpin Yang Bertanggung Jawab"

Post a Comment