Penjelasan Tentang Pra Kondisi PLPG / Pembekalan Awal PLPG 2017 serta Pembagian Kelas Online di laman sertifikasiguru.id

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Bagi Rekan-rekan guru yang masuk dalam daftar peserta PLPG di tahun 2017 ini, berikut penjelasan penting yang saya rangkum dari laman resmi sertifikasiguru.id selengkapnya sebagai berikut:

Sesuai dengan jadwal tahapan pelaksanaan PLPG 2017 maka Penempatan peserta ke LPTK penyelenggara diinformasikan melalui halaman publik:  http://kemdiknas.swin.net.id atau http://ap2sg.sertifikasiguru.id selanjutnya peserta PLPG 2017 akan mengikuti tahapan Pra Kondisi atau Pembekalan awal.

Pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG 2017 merupakan rangkaian kegiatan yang harus diikuti oleh seluruh peserta PLPG 2017. Pembekalan awal PLPG dilaksanakan dengan tujuan agar para guru lebih siap dalam mengikuti PLPG.  Di pembekalan awal PLPG, peserta mempelajari 2 sumber belajar yaitu: sumber belajar pedagogik &  sumber belajar bidang studi.

Pembekalan awal PLPG dilaksanakan selama 3 bulan,  di mana setiap peserta mempunyai kewajiban untuk membuat laporan kemajuan sebanyak 4 kali. Nilai akhir pembekalan awal PLPG merupakan akumulasi dari 30% skor proses, 30% skor laporan, dan 40% skor presentasi laporan.  Setiap rombel pembekalan awal PLPG, rata-rata terdiri dari 10 orang peserta, dan setiap rombel difasilitasi oleh 1 orang mentor.


Untuk bahan ajar guru diwajibkan mengunduh di http://sertifikasiguru.id. Untuk pendaftaran Peserta dapat menggunakan Kode Akses : 920496. Pembekalan awal PLPG dilaksanakan secara daring (online) pada alamat https://ksg.kemdikbud.go.id/pembekalan.


Menu pada aplikasi, terdiri dari 3 (tiga) bagian yaitu:

1)   Menu untuk Mentor;
2)   Menu untuk Guru; dan
3)   Menu untuk Admin ASG LPTK

Petunjuk teknis Pra kondisi PLPG atau pembekalan awal PLPG 2017, surat Dirjen GTK mengenai Verifikasi berkas PLPG, data calon peserta keahlian ganda dan beasiswa S2 Dikdas dapat diunduh di laman ini pada menu Pengumunan.

Adapun untuk pembagian kelas online di sertifikasiguru.id terbagi menjadi 2 kelas yaitu:

1.   Kelas dengan awalan PLPG 2016, diperuntukan bagi peserta Sertifikasi Guru tahun 2016 yang mengikuti UTN Ulang.
2.   Kelas dengan awalan PLPG 2017, diperuntukan bagi Peserta Sertifikasi Guru tahun 2017.

Saat ini team dari Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan sedang melakukan pembuatan Kelas Online untuk Kelas PLPG 2017. Jadi untuk saat ini, kelas yang sudah dapat diakses adalah kelas PLPG 2016. Panduan Pendaftaran dapat dilihat diunduh pada tautan berikut.


Bagi Rekan-rekan guru yang memiliki akun Facebook, silahkan like fanspage Facebook sertifikasiguru.id untuk mendapatkan informasi terupdate selanjutnya. Demikian share informasi penting terkait Pra Kondisi PLPG / Pembekalan Awal PLPG Tahun 2017 dan Pembagian Kelas Online di laman sertifikasiguru.id. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Penjelasan Tentang Pra Kondisi PLPG / Pembekalan Awal PLPG 2017 serta Pembagian Kelas Online di laman sertifikasiguru.id"

Post a Comment