Surat Edaran Pemutakhiran Aplikasi Dapodik Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia... Berdasarkan surat edaran Ditjen Dikdasmen Nomor 11/D/PD/2017 tentang Pemutakhiran Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Tahun Pelajaran 2017/2018 yang ditujukan kepada seluruh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Kepala LPMP (Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan) di seluruh Indonesia bahwasannya dalam rangka pemutakhiran Data Pokok Pendidikan Dasar dan Menengah di tahun ajaran 2017/2018 semester 1 disampaikan beberapa hal sebagai berikut:

1.   Melakukan pemutakhiran Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2017/2018 dengan menggunakan aplikasi Dapodik Versi 2018.

2.   File aplikasi, formulir, panduan, dan perangkat pendataan lainnya dapat diunduh di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

3.   Sekolah sebagai sumber data langsung dihimbau untuk meningkatkan kelengkapan, akurasi, dan kebenaran data yang dikirimkan melalui aplikasi Dapodik.

4.   Kepala Sekolah mengesahkan dokumen PAKTA INTEGRITAS yang di-generate oleh sistem untuk diserahkan ke Dinas Pendidikan masing-masing sebagai dokumen formal tanggung jawab kebenaran data.

5.   Sekolah yang tidak mengirimkan data DAPODIK dianggap sudah tidak beroperasi/tutup dan dilakukan penghapusan (soft delete) dari sistem. Untuk pengaktifan kembali, hubungi admin DAPODIK pusat melalui alamat email dapo.dikdasmen@kemdikbud.go.id. Daftar sekolah yang dihapus dapat dilihat di laman dapo.dikdasmen.kemdikbud.go.id.

6.   Batas cut-off DAPODIK untuk program BOS triwulan 4 adalah tanggal 21 September 2017, namun untuk pemutakhiran DAPODIK dapat berjalan hingga akhir semester.

7.   Prosedur dan mekanisme pendataan DAPODIK tidak berbeda dari tahun sebelumnya.

8.   Dinas Pendidikan Provinsi dan Kabupaten/Kota menyosialisasikan sekaligus melakukan bimbingan teknis ke seluruh sekolah dalam rangka pemutakhiran data DAPODIK.

9.   LPMP melakukan validasi data DAPODIK dari sistem yang sudah disiapkan.

Download surat edaran tersebut di atas, dapat diunduh langsung dari links sumber pada tautan berikut, atau pada links alternatif admin dengan klik di sini. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Surat Edaran Pemutakhiran Aplikasi Dapodik Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018"

Post a Comment