Modus Penipuan Honorer K2 Janjikan Lulus Tes CPNS Yang Harus Diwaspadai

Sahabat Edukasi…

Dalam setiap momentum penerimaan CPNS terlebih dari jalur honorer K-2, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan terjadi karena iming-iming tertentu dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, berikut share informasi terkait adanya modus penipuan honorer K-2, semoga bermanfaat…

Penipuan dalam pengangkatan honorer kategori dua (K2) menjadi CPNS makin berkembang saja. Tidak hanya melibatkan oknum PNS di pusat dan daerah, tapi juga honorer K2 sendiri.

Ketua Tim Ivestigasi Forum Honorer K2 Indonesia (FHK2I) Riyanto Agung Subekti alias Itong menyebutkan, para calo ini menggandeng honorer K2 yang sudah lulus tes dalam menjalankan aksinya.

Ilustrasi Tes CPNS
"Dengan menggandeng honorer K2 yang lulus tes, kerja calo ini lebih gampang. Honorer yang belum lulus lebih percaya kepada rekannya yang sudah lulus," kata Itong kepada JPNN, Rabu (4/3).

Berdasarkan pengakuan honorer K2, lanjutnya, mereka dimintakan dana awal Rp. 25 juta. Oleh honorer K2 yang lulus tes, diinfokan dana tersebut sebagai uang muka saja.

"Jadi honorer K2 yang belum lulus ini dimintakan dana secara bertahap. Nah K2 yang lulus tes ini akan memberikan informasi update ke rekan-rekannya yang sudah membayar uang muka," tuturnya.

Parahnya, setiap informasi yang disampaikan oleh K2 asli ini harus ada bayarannya. Misalnya yang lagi booming sekarang adalah tes CPNS untuk honorer K2

"K2 yang lulus tes ini menyasar K2 berusia tua yang belum lulus. Mereka mulai keliling mendekati teman-teman, mempengaruhi, dan menjanjikan CPNS," ucapnya.

Aksi calo CPNS yang makin merajalela ini menimbulkan kekhawatiran honorer K2 lainnya. Mereka khawatir, hak mereka akan tergerus, terlebih para calo tersebut mengaku punya backingan kuat di pusat.

"Mudah-mudahan ini bisa segera diantisipasi pemerintah. Jangan sampai hak kami dirampas oleh calo CPNS," ucapnya.(esy/jpnn)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Modus Penipuan Honorer K2 Janjikan Lulus Tes CPNS Yang Harus Diwaspadai"

Post a Comment