Contoh Kata Sambutan Oleh Pembawa Acara Perpisahan Sekolah / Madrasah

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Pada setiap akhir tahun pelajaran hampir dipastikan di setiap sekolah / madrasah akan diadakan kegiatan perpisahan pada kelas paling tinggi yang akan meninggalkan sekolah karena telah tamat/lulus dalam menempuh pendidikan dari sekolah/madrasah bersangkutan yakni untuk SD/MI kelas 6, SMP/MTs kelas 9, dan juga SMA/SMK/MA untuk kelas 12.

Kegiatan perpisahan sekolah / madrasah tentunya akan selalu berkesan bagi seluruh Bapak/Ibu Guru akan tetapi juga bagi seluruh adik kelas yang ditinggalkannya, orang tua/wali murid dari seluruh peserta didik yang telah lulus dan juga bagi seluruh pihak yang hadir pada kesempatan yang berkesan tersebut. Dan tentunya untuk mendapatkan suasana perpisahan yang berkesan hingga tak terlupakan, maka sususan acara demi acara dipersiapkan sedini mungkin.
Oleh karena itu, berikut saya share contoh teks / naskah susunan acara perpisahan sekolah / madrasah yang dibawakan oleh petugas khusus yakni pembawa acara perpisahan sekolah/madrasah selengkapnya sebagai berikut :

Assalamu alaikum warahmatullah wabarakatuh... Salam sejahtera untuk kita semua…

Yang terhormat Kepala Sekolah / Madrasah….., Bapak/Ibu Guru, Bapak/Ibu Dewan Komite, Bapak/Ibu Orang Tua (Wali Murid) Kelas .. dan …., Bapak/Ibu Tamu Undangan, serta teman-temanku siswa-siswi ………(nama sekolah/madrasah) yang berbahagia....

Alhamdulillahirobbil’alamiin... Segala puji bagi Allah SWT. Yang telah memberikan kepada kita semua kenikmatan yang tak terhingga di antaranya kesadaran iman, kesehatan serta kesempatan yang berbahagia ini, sehingga kita dapat bersama-sama dapat berkumpul dalam acara perpisahan siswa-siswi kelas …………………..(nama sekolah/madrasah).

Selanjutnya sholawat serta salam semoga senantiasa Allah SWT curahkan kepada Nabi Muhammad SAW yang mana dari beliaulah kita mendapatkan contoh maupun suri tauladan terbaik bagi kita dalam menjalani berbagai segi kehidupan sehari-hari sehingga kita semua dapat diridloi-Nya dan semoga kita semua mendapatkan safa’at dari beliau pada hari pembalasan kelak. Amiin...

Selamat datang kami ucapkan kepada seluruh hadirin, dan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya kami haturkan atas kehadiran Bapak/Ibu hadirin sekalian yang telah meluangkan waktunya dengan rela meninggalkan aktivitas sehari-hari untuk hadir dalam acara ini.

Saya di sini sebagai pembawa acara, oleh karena itu saya akan membacakan susunan acara perpisahan siswa-siswi kelas …………….. (tingkat/kelas dan nama sekolah/madrasah) tahun Pelajaran 2014/2015, selengkapnya sebagai berikut :

1.   Pembukaan Acara Pepisahan oleh Pembawa Acara.
2.  Pembacaan Ayat Suci Al-Qur’an yang akan dibawakan oleh saudara/i …………… dan ..........…..
3.   Sambutan Ketua Panitia Acara Perpisahan oleh Bapak/Ibu ……………….
4.   Sambutan Kepala Sekola/Madrasah …………….
5.   Hiburan Pembukaan ; Tari persembahan tari daerah dan pembacaan puisi oleh siswa.
6.   Sambutan dari Wali Murid kelas …………. / Perwakilan Guru ; Penyerahan siswa-siswi kepada orang tua (wali murid) serta pesan dan kesan dari guru terhadap orang tua (wali murid) dan siswa-siswi.
7.   Sambutan dari Perwakilan Orang Tua (Wali Murid) Kelas ……………… ; Penerimaan siswa-siswi kembali kepada orang tua (wali murid) serta kesan dari orang tua (wali murid kepada sekolah).
8.   Hiburan; Pementasan kreativitas pelajar oleh siswa-siswi ……………….
9.   Sambutan dari Perwakilan Siswa-Siswi Kelas ………………. ; Pesan dan kesan terhadap guru / sekolah serta adhik-adhik kelasnya.
10.    Sambutan dari Perwakilan Adhik-Adhik Kelas; Perwakilan Siswa-siswi kelas ……s.d. ……
11.    Hiburan ; Pentas Seni oleh Siswa-siswi
12.    Pengumuman tentang Kelulusan Siswa.
13.    Penyerahan Kenang-kenangan ataupun hadiah.
14.    Pembacaan Do’a.
15.    Sayonara ; Saling berjabat tangan antara guru dan orang tua (wali murid), siswa-siswi kelas ……………. dengan siswa-siswi adhik kelas, siswa-siswi kelas …………… dengan majelis guru, orang tua / wali murid, dan seluruh hadirin.
16.    Penutup.

Hadirin sekalian yang kami hormati....

Memasuki acara yang pertama adalah pembukaan, marilah kita bersama-sama mengawali acara perpisahan kelas …………….. (tingkat/kelas dan nama sekolah/madrasah) tahun pelajaran 2014/2015 ini dengan bacaan Basmalah; Bismillahirohmanirrohim......

Semoga seluruh rangkaian acara pada acara perpisahan hari ini dapat berjalan dengan baik dan lancar karena perlindungan dan ridlo-Nya.... Amin.....
                                                            
Hadirin sekalian yang kami hormati

Memasuki acara yang kedua yaitu Pembacaan ayat suci Al-Quran yang akan dibawakan oleh Saudara/i ……………. dengan  Sari Tilawah oleh saudara/I ...................., kepada Saudara/i .................... dan Saudara/i, waktu dan tempat kami persilahkan.

Memasuki acara yang ketiga yaitu sambutan dari Ketua Panitia yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu ...................., kepada Bapak/Ibu ...................., waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari ketua panitia, kepada Bapak/Ibu .................... kami ucapkan terima kasih.

Hadirin sekalian yang saya hormatI,

Memasuki acara yang keempat yaitu sambutan dari Kepala Sekolah/Madrasah ………………….. yang akan disampaikan oleh Bapak/Ibu ...................., kepada Bapak/Ibu ...................., waktu dan tempat kami persilahkan.

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian sambutan dari Bapak/Ibu Kepala Sekolah/Madrasah…....................., kepada Bapak/Ibu .................... kami ucapkan terima kasih.

Dan seterusnya....................

Hadirin sekalian yang berbahagia, demikian acara demi acara telah kita lalui bersama-sama dengan baik dan lancar. Sebelum kita akhiri acara ini sebagai ucapan syukur atas sukses terselenggaranya acara ini marilah kita bersama-sama mengucapkan Hamdalah, Alhamdulillahirobbil’alamin.......

Akhirnya saya sebagai pembawa acara mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan tutur kata jika ada kesalahan sikap maupun kata-kata yang kurang berkenan di hati hadirin sekalian. Terima kasih atas segala perhatian dan semoga dari acara ini kita semua mendapatkan hal-hal yang positif dari Allah SWT.... Amin....... 

Akhiru kalam wassalamu’alaikum warahmatullah wabarakatuh.

Demikian contoh kata sambutan perpisahan sekolah yang dibawakan oleh pembawa acara yang biasanya ditugaskan kepada satu atau dua siswa/i adhik kelas. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Contoh Kata Sambutan Oleh Pembawa Acara Perpisahan Sekolah / Madrasah"

Post a Comment