Solusi / Cara Mengatasi Equation Word Tidak Aktif / Tidak Bisa Digunakan

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dalam kesempatan yang baik ini, khususnya bagi Rekan-rekan yang sedang mengetik soal maupun membuat dokumen matematika yang kebetulan mengalami permasalahan di mana salah satu tools di Microsoft word yang digunakan untuk input persamaan angka matematika yakni equation tidak bisa digunakan. Tips ini hanya untuk word rekan yang sudah terinstall equation, pernah aktif dulunya namun mengapa saat ini tidak bisa digunakan lagi alias tombol equation ada akan tetapi tidak ada efek sama sekali saat diklik.

Berikut akan saya ulas bagaimana langkah demi langkah agar fitur Equation dapat aktif dan dapat digunakan untuk menyelesaikan tugas-tugas yang terkait dengan matematika tersebut, yakni :

1.   Silahkan klik pada tanda panah ke bawah / customize di bagian ujung kanan paling atas, lalu pilih “More Commands”.

2.   Setelah tampil laman Word Option, pada bagian Customize silahkan pilih “All Commands”.

3.   Pilih “Equation”, klik “Add” dan pilih “Ok

4.   Ini yang biasanya paling sering terjadi kebingungan, setelah buka dokumen maupun halaman baru Word kok icon “Equation”-nya tidak aktif / tidak bisa diklik dan tentu saja tidak bisa digunakan. Lalu bagaimana solusinya? Silahkan perhatikan langkah selanjutnya…

5.   Solusinya, silahkan Anda “Save As” terlebih dahulu file tersebut ke format “Word Document” standar sesuai dengan versi terbaru word Anda.

6.   Pada word 2007, jika muncul tampilan peringatan sebagaimana gambar di bawah ini, silahkan klik “Ok”.

7.   Selesai. Equation sudah aktif dan siap digunakan.

Demikian tips mengenai cara mengatasi masalah Equation yang tidak berfungsi pada Microsoft Word. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Solusi / Cara Mengatasi Equation Word Tidak Aktif / Tidak Bisa Digunakan"