Pesan Penting MenPAN-RB Bagi PNS / ASN

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Pegawai Negeri Sipil (PNS) terdiri dari Pegawai Negeri Sipil Pusat yang gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) dan bekerja pada Departemen, Lembaga Non Departemen, Kesekretariatan Lembaga tertinggi/Tinggi Negara, dan kepaniteraan pengadilan.

Pegawai Negeri Sipil Daerah Pegawai Negeri Sipil yang bekerja di daerah otonom seperti daerah provinsi/kabupaten/kota dan gajinya dibebankan pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) dan dipekerjakan pada pemerintah daerah maupun dipekerjakan di luar instansi induknya.

Sehubungan dengan pentingnya peran PNS yang merupakan bagian dari Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya dalam pelayanan prima sesuai dengan Tugas Pokok dan Fungsi (Tupoksi)-nya seperti yang admin rilis dari JPNN bahwasannya Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai motor penggerak pemerintahan dan pembangunan memiliki peran serta fungsi yang signifikan dalam menyukseskan program Nawacita. Salah satu program Nawacita adalah melakukan revolusi karakter bangsa.

“Mengingat signifikansi dari  revolusi mental ASN terutama PNS, setiap pegawai negeri harus memiliki sikap mengubah diri agar tidak menjadi korban dari perubahan itu sendiri,” ujar Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi, Sabtu (12/3).

Baca juga : 3 Kompetensi Penting Yang Harus Dikuasai PNS Agar Layak Dipertahankan Sebagai PNS

Yuddy menambahkan, dengan revolusi mental, ASN diharapkan bisa melakukan perubahan dalam pelayanan dan berpikir cepat.

UU No. 5 Tahun 2014 tentang ASN  dibangun guna membentuk aparatur yang memiliki integritas, profesional, netral dan bebas dari intervensi politik, bersih dari praktik korupsi, kolusi, dan nepotisme.

ASN juga diharapkan mampu menyelenggarakan pelayanan publik bagi masyarakat. Selain itu, ASN juga didorong mampu menjalankan peran sebagai unsur perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

"UU ASN harus didorong dan diungkit dengan revolusi mental yang dilakukan secara sinergis dan berkelanjutan," tegas Yuddy. (esy/jpnn)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Pesan Penting MenPAN-RB Bagi PNS / ASN"

Post a Comment