Hikmah di Balik Kehilangan Uang / Barang

Sahabat Edukasi yang berbahagia...

Saya yakin hampir semua dari Sahabat saya pernah mengalami kejadian kehilangan. Entah itu kehilangan harta benda ataupun bahkan ada yang kehilangan salah satu dari orang terkasih yang telah meninggal dunia.

Saya pun demikian, telah berulangkali mengalami kehilangan mulai dari sapu waktu di kost, handphone saat dalam perjalanan mengendarai motor bersama istri dan anak saya. Kehilangan beberapa orang yang di sayang dalam hidup, kehilangan dompet, kehilangan uang dan lain-lain.

Memang sesaat sesudah kita berusaha untuk mencari sesuatu yang hilang tersebut benar-benar tidak ketemu, tetap tenangkan pikiran karena di balik setiap kejadian pasti ada hikmahnya.

Lalu, apa saja hikmah / pelajaran di balik kejadian kehilangan yang telah menimpa kita ini, berikut saya akan mencoba uraian selengkapnya sebagai berikut:

1.  Menjadi pelajaran bagi kita akan pentingnya menghargai harta benda orang lain, karena kita telah merasakan pahitnya kehilangan... J

2.   Menguji keimanan kita, sampai di mana kita sabar dan ikhlas dalam menghadapi ujian ini.

3.   Dapat meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian untuk lebih berusaha agar barang dan harta benda ini lebih aman dari kehilangan seperti pencurian, kebakaran, dan lain-lain.

4.   Mengurangi tamak dan rakus pada kekayaan duniawi yang berlebih-lebihan.

5.   Mengingatkan kita untuk lebih suka lagi dalam menyisihkan sebagian harta untuk infaq, sodaqoh, maupun zakat yang mungkin saja selama ini kita abaikan.

6.   Dapat menghilangkan kesombongan diri yang mana dengan hilang maka menjadi bukti bahwa banyak hal yang tidak dapat kita hindari dalam hidup ini, dan tentu saja semua itu tidak dapat kita kendalikan. Oleh karena itu, dengan kehilangan, dapat kembali mengingatkan kita akan pentingnya untuk selalu bersikap rendah hati.

7.   Menjadikan otak kita lebih cerdas dan kreatif lagi, karena dengan kehilangan kita akan berusaha lagi agar tidak mudah lupa dan lalai.

8.   Membangkitkan kesadaran bahwasannya seluruh harta benda yang ada pada kita saat ini adalah titipan semata dari-Nya.

9.   Meningkatkan pemahaman diri tentang artinya rezeki, bahwasannya rezeki bagi setiap manusia tidak akan pernah tertukar melainkan sesuai dengan kehendak-Nya, sehingga sesuatu harta benda yang hilang tersebut dapat disikapi bahwa itu untuk saat ini bukanlah rezeki kita.

Selain daripada beberapa hal yang telah saya sebutkan di atas tentu masih banyak lagi hikmah / pelajaran di balik kehilangan. Kesimpulannya, apapun yang kita miliki saat ini cepat atau lambat pasti akan kembali kepada-Nya tak terkecuali kita pun akan demikian, akan meninggalkan dunia ini nantinya.

dan percayalah jika kita bisa ikhlas dalam menghadapi kehilangan, akan ada berkah nantinya.

Beberapa faktor yang dapat menyebabkan kehilangan yang paling utama selain sudah merupakan takdir adalah lupa dan lalai, entah lupa naruh, lupa ngunci, dan lain-lain. Sedangkan lalai seringkali terjadi seperti lalai dalam melaksanakan segala perintah dari Allah SWT. Semoga kita semua termasuk dalam golongan-golongan manusia yang sabar dan ikhlas dalam menjalani setiap kejadian yang kita alami dalam kehidupan sehari-hari. Amin... Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Hikmah di Balik Kehilangan Uang / Barang"

Post a Comment