Aktivitas Kegiatan Sehari-Hari Yang Dapat Meningkatkan SDM / Kompetensi Diri

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dapat dipastikan setiap orang memiliki aktivitas yang berbeda-beda dan unik setiap harinya. Perbedaan-perbedaan inilah yang tentunya menambah warna kehidupan itu sendiri. 

Jika memang kehidupan ini dapat memilih, seyogyanya kita memilih untuk dapat meraih kehidupan yang layak, sukses, dan terus berkembang dalam segala sisi kehidupan kita.

Ada berbagai kegiatan sehari-hari yang tentunya efektif dalam upaya mewujudkan segala impian, keinginan, hingga cita-cita sukses tersebut, di antaranya:

1.   Bekerja dengan Profesional

Setiap pekerjaan-pekerjaan yang dilakukan secara profesional. Profesional dalam pekerjaan bagi seseorang adalah bekerja dengan mendapatkan imbalan (upah/gaji) dengan melaksanakan tugas yang dibebankan kepada seseorang tersebut sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya (Tupoksi) yang dibebankan kepada seseorang. Sangat wajar jika dia mengerjakan tugas di luar Juklak dan Juknis dan meminta upah atas pekerjaannya tersebut. Karena Profesional adalah terkait dengan pendapatan, tidak hanya terkait dengan keahlian.

2.   Membaca

Membaca dapat memperluas wawasan bahkan mampu merubah pola pikir seseorang berdasarkan buku yang dibaca, maka pengembangan diri dalam upaya meningkatkan kompetensi ini adalah dengan membaca buku-buku yang sekiranya dapat bermanfaat dan mendukung kualitas pekerjaan, perbaikan hubungan dengan sesama, maupun untuk meningkatkan bakat dan minat yang ada pada diri kita.

3.   Menonton Berita

Seberapa peka seseorang terhadap situasi dan kondisi yang sedang terjadi juga menjadi faktor pemicu pengembangan diri yang efektif, dengan berbekal pengetahuan dengan sesuatu yang update (terkini), maka atasan ataupun mitra kerja kita akan semakin memperhitungkan kapasitas dan kredibilitas Anda.

4.   Menulis

Banyak orang sukses dari karya tulisnya, dan penulis profesional tentunya diawali dari kebiasaan membaca buku hingga pengetahuan mendalam terhadap keadaan sekitar yang sedang terjadi. Selain itu pula menulis dapat berguna untuk menguji ketelitian, ketelatenan, serta penyusunan kalimat yang sistematis/runtut dan jelas. Kegiatan menulis ini dapat diawali dari tema-tema yang sekiranya benar-benar telah kita pahami, contohnya  ; menulis diary harian sendiri, rencana tugas, maupun menulis opini kita terhadap suatu fenomena yang terjadi. Dengan kemampuan menulis ini tentu akan memiliki dampak positif terhadap SDM kita, lalu dapatkan kepercayaan lebih dari mitra kerja Anda.

5.   Berkarakter Pemenang

Karakter pemenang seperti pantang menyerah dengan selalu bangkit dari jatuh dan keterpurukan, mau mengawali kembali usaha-usaha yang pernah gagal tentu dengan perencanaan matang serta berbekal pelajaran dari kegagalan-kegagalan yang pernah dialami. Miliki jiwa pemenang, maka lingkungan Anda akan menaruh Anda pada posisi yang istimewa.

6.   Berdo’a

Manusia hanyalah makhluk ciptaan Tuhan, maka sejatinya kesuksesan dan segala hal yang terjadi pada kita adalah merupukan kehendak Tuhan. Maka berdo’alah kepada-Nya agar kita diberikan anugerah dan rahmat yang besar berupa kebaikan serta keberkahan. Dengan banyak berdo’a tentu autosugesti positif akan terjadi pada kita untuk terus maju berkembang, sabar dalam ujian, dan bersyukur atas segala kelebihan yang telah diberikan Tuhan.

Demikian, beberapa hal ataupun kegiatan/aktivitas sehari-sehari kita yang dapat meningkatkan SDM serta kompetensi diri, semoga kesuksesan terjadi pada kita semua mulai saat ini… Aamiin… 

Sampai berjumpa kembali di internet Sahabat Maya… Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Aktivitas Kegiatan Sehari-Hari Yang Dapat Meningkatkan SDM / Kompetensi Diri"

Post a Comment