Cara Cek / Mengetahui Kode Pos Kecamatan Yang Benar Untuk Pengisian Data Di Aplikasi Dapodik

Sahabat Edukasi yang saat ini sedang berbahagia… 

Dalam proses entry data aplikasi Dapodikdas maupun Dapodikmen, pada masing-masing bagian data Peserta Didik, maupun data Pendidik dan Tenaga Kependidikan terdapat kolom entrian untuk input kode pos tepatnya di bawah isian kecamatan. 

Dalam mengisi pada bagian ini memang diinput secara manual berbeda halnya dengan pengisian nama kecamatan yang sudah tersedia pada aplikasi Dapodik sehingga cukup memasukkan kata kunci atau nama depan dari kecamatan bersangkutan maka akan muncul satu atau beberapa pilihan yang mana kita cukup klik pada salah kecamatan yang sesuai.

Oleh karena itu, berikut saya share cara untuk mengetahui / cek kode pos kecamatan ataupun suatu daerah yang benar yang bisa digunakan untuk referensi dalam pengiriman ataupun penerimaan surat, dan untuk publikasi informasi penting lainnya, salah satunya adalah untuk keperluan data pada aplikasi Dapodik :

1.   Kunjungi links situs Kantor Pos Indonesia untuk menemukan kode pos kecamatan yang benar pada links berikut.

2.   Setelah itu, klik pada tanda panah dropdown, pilih salah satu pada Propinsi yang mana merupakan propinsi dari kecamatan yang kode pos-nya akan dicari.

3.   Kemudian ketik manual nama kecamatan (daerah) yang sedang dicari kode pos-nya tersebut, lalu klik pada tombol “Cari”.

4.   Selesai.

Setelah mendapatkan kode pos yang benar, silahkan copy langsung kode pos yang terdiri dari 5 digit angka tersebut sebagai salah satu unsur penunjang pendataan pokok pendidikan Indonesia yang berkualitas. 

Demikian Sahabat share tips tentang cara mudah mengetahui kode pos yang benar pada kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Cek / Mengetahui Kode Pos Kecamatan Yang Benar Untuk Pengisian Data Di Aplikasi Dapodik"

Post a Comment