Cara Penggunaan Sepeda Motor Agar Awet Dan Tidak Cepat Turun / Bongkar Mesin Serta Tips Keselamatan Berkendara

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Saat ini hampir setiap orang dipastikan sudah memiliki sepeda motor sendiri atau setidaknya ada 1 (satu) unit sepeda motor pada setiap keluarga karena alat transportasi ini sangat penting saat ini untuk berbagai keperluan. 

Sekarang ini pergi ke sawah bawa motor hingga anak sekolah pun yang seharusnya belum diperbolehkan mengendarai motor sendiri ke sekolah pun sudah semakin banyak saja yang menggunakannya.

Oleh karena itu, agar kendaraan kesayangan Anda khususnya sepeda motor roda dua ini tidak mudah rusak dan awet sehingga mesin motor Anda tidak cepat bongkar (turun) mesin karena kerusakan berat, berikut tips dalam menggukannya pada aktivitas sehari-hari :

1.   Jika motor tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama (lebih dari 2 hari), pada saat mesin motor akan dihidupkan kembali, jangan langsung menggunakan tombol start tapi hidupkan mesin dengan menggunakan engkol kaki, agar oli dalam mesin dapat naik terlebih dahulu.

2.   Saat memutar gas motor usahakan jangan terlalu dihentak-hentakan.

3.   Pada waktu menambah atau mengurangi gigi persneling, usahakan gas dalam posisi terendah atau kosong, setelah gigi persneling berpindah silahkan putar lagi gasnya.

4.   Pastikan bahan bakar minyak (BBM) / bensin yang digunakan pada motor Anda murni seperti isi bensin di Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) atau di tempat yang menjual bensin murni ini (kecuali motor yang memang menggunakan bensin campur, red).

5.   Cek secara berkala oli mesin Anda, jangan sampai terjadi oli kering ataupun habis karena bocor atau karena hal-hal lainnya. Dan ganti oli mesin ini secara berkala sesuai petunjuk pada buku perawatan sepeda motor Anda.

Demi keselamatan kita saat berkendara di jalan raya ataupun saat perjalanan jauh serta di area lintasan yang sebelumnya kita belum pernah melewatinya, jangan lupa demi keselamatan kita maupun keluarga kita saat berkendara, selalu gunakan helm depan dan belakang (jika ada yang membonceng) saat berkendara, helm bukan hanya sebagai pengaman, namun juga akan dapat meningkatkan konsentrasi Anda ketika berkendara. 

Selain itu juga, jangan gunakan handphone atau menggunakan media elektronik lain, agar fokus kita dalam berkendara tetap terjaga. Demikian tips singkat tentang bagaimana cara penggunaan sepeda motor agar awet dan tidak cepat turun mesin serta tips keselamatan saat berkendara. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Penggunaan Sepeda Motor Agar Awet Dan Tidak Cepat Turun / Bongkar Mesin Serta Tips Keselamatan Berkendara"

Post a Comment