Silabus OSN (Olimpiade Sains Nasional) SMP Tahun 2015

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan salah satu program Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dalam rangka peningkatan mutu pendidikan.

Silabus ini disusun untuk memberikan informasi mengenai lingkup materi yang diujikan dalam kegiatan Olimpiade Sains Nasional dari tingkat kabupaten/kota, provinsi, dan nasional. Diharapkan silabus ini dapat memberikan panduan untuk guru dan pembina untuk membina siswa dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.

Hal ini merupakan salah satu strategi peningkatan mutu pendidikan sekaligus sebagai upaya mengembangkan wahana kompetisi bagi siswa SMP di seluruh Indonesia dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini tercipta pula atmosfir kompetisi secara sehat antarsekolah, sehingga sekolah berlomba-lomba mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran dalam bidang Matematika, IPA, dan IPS.

Sejak OSN SMP dilaksanakan banyak sekolah yang sudah termotivasi untuk mengembangkan program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Hal tersebut mengindikasikan bahwa efek positif dari kegiatan OSN sudah tampak. Agar efek positif tersebut dapat lebih ditingkatkan, perlu dukungan informasi yang dapat membantu sekolah dalam rangka akselerasi program peningkatan mutu pembelajaran Matematika, IPA, dan IPS, antara lain melalui silabus ini.

Lingkup materi yang tercantum dalam silabus ini merupakan bahan acuan dalam menyusun soal Olimpiade Sains Nasional yang dapat diinterpretasikan ke dalam tingkat kesulitan soal yang berbeda-beda. Tingkat kesulitan tersebut dibuat berjenjang, soal untuk tingkat provinsi lebih sulit dibandingkan tingkat kabupten/kota, dan soal tingkat nasional lebih sulit dibandingkan dengan tingkat provinsi.

Download silabus OSN 2015 silahkan klik di sini…


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Silabus OSN (Olimpiade Sains Nasional) SMP Tahun 2015"

Post a Comment