Tips / Cara Merawat Perangkat Handphone Seluler (HP) Agar Awet Dan Tahan Lama

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Dalam penggunaan gadget khususnya handphone telah menjadi trend saat ini, dari kalangan muda sampai tua, dari kalangan bawah sampai atas, karena selain daripada harganya yang relatif terjangkau, fasilitas/fitur yang disediakan pun telah semakin berkembang. 

Fungsi utama handphone (telepon genggam) yang dulunya hanya untuk komunikasi suara dan tulisan (SMS/Short Message Service), kini sudah bisa untuk berinternet ria baik chatting, browsing, hingga fitur-fitur canggih layaknya GPS saja…. J

Oleh karena pentingnya handphone ini, berikut admin share tips agar handphone Sobat awet dan tidak cepat rusak :

1.   Pada saat recharge (pengisian daya) baterai, jangan biarkan terlalu lama, misalnya semalaman suntuk, hal ini akan cepat merusak baterai handphone Anda.

2.  Selalu pastikan handphone tidak terkena air, baik saat kita kehujanan maupun penyimpanan di rumah.

3.  Jangan taruh handphone di saku celana belakang, ini berbahaya. Ketika sewaktu-waktu Anda lupa dan kebetulan duduk di kursi yang keras maka handphone Anda akan pecah kaca ataupun LCD-nya, hal ini pernah teman saya alami ketika berkunjung ke tempat saya, Maka taruh handphone kalau perlu gunakan tali pengaman dan kaitkan ke tali celana Anda, dan simpan pada tempat khusus pada ikat pinggang atau saku celana bagian samping Sobat.

4.  Bersihkan keypad handphone secara berkala dengan kuas kering, agar debu ataupun kotoran tidak sempat menempel dan mengeras pada tombol-tombol keypad handphone Anda.

Selain itu, hapus juga file-file yang kiranya tidak penting untuk Anda, karena ini akan mempengaruhi kecepatan sistem operasi pada handphone Anda. Dan tentunya kehati-hatian dalam setiap pemakaian dan juga penyimpanan akan dapat menjaga kelangsungan hidup perangkat seluler kesayangan Anda dan batasi pemakaian handphone pada anak kecil Anda, terkadang ia masih sering membanting handphone, karena dianggap barang mainan…. J

Demikian tips singkat dalam penggunaan handphone agar awet dan tahan lama. Semoga bermanfaat bagi Sahabat Maya semuanya… Aamiin… Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

1 Komentar di "Tips / Cara Merawat Perangkat Handphone Seluler (HP) Agar Awet Dan Tahan Lama"

  1. kesalahan saya dan mungkin kebanyakan kita adalah menggunakan hp saat di-cas. Dan saya telah 3 kali ganti hp karena kesalahan ini, walaupun sebenarnya hanya baterai yang paling kena dampak tapi jadi pengen ganti hp. Tapi pas ganti hp kesalahan yang sama diulangi :))

    Makasi tips postingannya yaa :D

    ReplyDelete