Tips dan Cara Membuat Tulisan Berkualitas Untuk Dipublikasikan Online

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Selamat malam Sahabat Maya di manapun berada… Dalam dunia penulisan, ketelitian dalam pengetikkan dalam huruf demi hurufnya menjadi faktor utama dalam menentukan berkualitas tidaknya tulisan tersebut.  

Selain itu, kualitas sebuah tulisan juga dipengaruhi seberapa penting dan menarik tema yang diungkapkan oleh penulis. Beberapa indikator tulisan yang kurang baik di antaranya, masih banyak ditemukan kesalahan ejaan dan penulisan huruf, alur penulisan yang tidak sistematis, penggunaan istilah yang tidak sesuai dengan tema, dan lain sebagainya.

Dan tentunya, kesalahan-kesalahan tersebut sama sekali tidak disadari oleh si penulis itu sendiri, namun ditemukan oleh pembaca-pembacanya sekaligus sebagai pengamat. 

Oleh karena itu, dalam kesempatan kali ini, saya akan bagikan tips bagaimana cara agar tulisan kita berkualitas. Berikut langkah-langkahnya :

1. Menulis hanya pada bidang-bidang ataupun tema yang benar-benar kita telah memahaminya. Jika belum siap, sebaiknya diperdalam kembali dari berbagai sumber dan referensi.

2.   Setelah penulisan siap dicetak atau dipublikasikan, cek kembali satu kata demi kata, satu kalimat demi kalimat, dan alinea demi alinea hingga seluruh bagian dari penulisan telah direview secara optimal.

3.   Perbaiki segera apabila ditemukan kesalahan.

4.   Publikasikan dengan pemilihan judul yang tepat.

Masih ada beberapa tips menulis agar hasil tulisan kita memiliki nilai yang berkualitas. Tentu saja tiada manusia yang sempurna, namun justru dengan ketidaksempurnaan inilah kita bekerja keras lagi cerdas secara optimal tentunya. 

Oleh karena itu satu poin penting agar kita memiliki banyak ide maupun kosa kata dalam menulis adalah memperbanyak membaca baik dari buku, browsing internet, informasi dari televisi dan sumber ilmu dan pengetahuan lainnya, maka secara otomatis kemampuan menulis kita pun nantinya akan semakin terasah seiring dengan kebiasaan menulis itu sendiri. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tips dan Cara Membuat Tulisan Berkualitas Untuk Dipublikasikan Online"

Post a Comment