Cara Mengetahui / Cek Hasil Validasi Data V.3.0.3 Dapodikdas Oleh Operator Sekolah

Sahabat Operator Sekolah Dapodikdas yang berbahagia…. 

Pada versi aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu merupakan versi aplikasi yang digunakan untuk pengisian data Dapodikdas di semester 2 (genap) tahun pelajaran 2014/2015.

Pada versi 3.0.3 Dapodikdas terdapat penambahan beberapa fitur baru pada aplikasi, selain itu pada situs Dapodik Ditjen Dikdas pun telah menyedikan fitur/fasilitas baru untuk melihat hasil validasi data Dapodikdas yang bisa dilakukan secara mandiri oleh Rekan-rekan Operator Sekolah.

Fitur cek validasi ini bertujuan untuk melihat hasil validasi dari seluruh data-data penting hasil pengiriman/sinkronisasi data via aplikasi Dapodikdas v.3.0.3 yang digunakan untuk dasar berbagai kebijakan yaitu sebagai dasar penerimaan dana BOS tahun anggaran 2015 dan juga untuk dasar penerbitan SKTP maupun SK Aneka Tunjangan bagi guru PNS maupun Non-PNS di tahun ini.

Oleh karena sangat pentingnya kualitas data aplikasi Dapodikdas mulai pada tahun 2015, berikut saya share cara cek hasil validasi data untuk melihat apakah sudah sip atau belum, sudah valid dan sesuai ataukah perlu segera diperbaiki.

Beberapa jenis validasi data yang bisa dilihat hasil validasinya antara lain : Status Honor Mengisi Pangkat Golongan, PNS Pangkat Golongannya Kosong, Usia PTK Tidak Wajar, Kepsek Ganda, Nama Sekolah Sama di Satu Kecamatan, Kepala Lab Kelebihan, Kepala Perpus Kelebihan, Rombel Ganda, Wakasek Kelebihan, Bentuk Pendidikan Salah, PNS NIP Kosong, Karakter Nama Sekolah, Tingkat Rombel Salah, SLB Tidak Melayani Keb Khusus, NPSN Ganda, Belum Sinkron, Belum Sinkron 2014/2015 semester 2, Kepsek Belum Dipilih, dan juga cek validasi data Status Sekolah Salah.

Cara melihat hasil validasi data ini cukup mudah, yakni klik pada links berikut kemudian pilih pada salah satu jenis data yang akan dilihat hasil validasi datanya. Setelah itu pilih klik "Tampilkan", untuk selanjutnya dipilih Propinsi, Kabupaten/Kota, Kecamatan, sampai dengan nama sekolah bersangkutan.

Setelah diketahui hasil validasi data Dapodikdas ini, maka Rekan-rekan Operator Sekolah dapat segera mengetahui hasil kualitas datanya, dan tentu akan segera dapat memperbaiki beberapa data yang memerlukan perbaikan segera sebelum deadline (batas waktu yang ditentukan). Demikian share info dalam kesempatan kali ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Mengetahui / Cek Hasil Validasi Data V.3.0.3 Dapodikdas Oleh Operator Sekolah"

Post a Comment