Resonansi Pendataan Terhadap Pembelajaran TIK PTK

Sahabat Edukasi yang saat ini sedang berbahagia… 

Dengan adanya pendataan-pendataan pendidikan nasional baik yang bersifat online maupun offline saat ini telah banyak mempengaruhi pola penggunaan sarana TIK pada setiap stake holder pendidikan di Indonesia tak terkecuali pada tingkat sekolah (satuan pendidikan).

Salah satu contohnya yakni bagi guru yang telah bersertifikasi pendidik, pada periode tertentu (menjelang jadwal penerbitan SK) bisa dipastikan akan menggunakan fasilitas internet untuk melihat hasil validasi data-data yang telah di-entry-kan oleh operator sekolahnya. 

Dikarenakan hasil validasi ini akan menentukan kebijakan pemerintah yang terkait dengan tunjangan bagi guru bersangkutan.

Terlebih lagi bagi rekan-rekan operator sekolah pun saat ini sudah sangat akrab dengan berbagai sarana TIK beserta elemen-elemen pelengkapnya dalam rangka penyelesaian tugas untuk input data, edit data, sampai dengan pengiriman data yang harus melalui proses yang tidak sebentar. 

Mulai dari cara penggunaan komputer, modem, setting program, instalasi, hingga penanganan pada beberapa permasalahan pada program komputernya pun semakin terkuasai.

Tentu saja kebiasaan ini sangat efektif hasilnya dalam peningkatan kualitas SDM baik PTK maupun Operator Sekolah, di samping dilakukan secara terus-menerus pada periode tertentu konsentrasi/fokus tinggi pun dilakukan guna hasil validasi yang memuaskan.

Oleh karena itu, dengan adanya pendataan yang langsung bersumber dari sekolah ini mempunyai resonansi ataupun pengaruh yang besar terhadap motivasi PTK dalam meningkatkan kompetensinya dalam penggunaan media teknologi informasi dan komunikasi, jika tidak niscaya beberapa urusan terkait karier juga akan mengalami beberapa permasalahan dan tentu semuanya tidak mungkin terus-menerus dilakukan oleh operator sekolah.

Namun kemudian akan ada saatnya pada beberapa kesempatan PTK harus mengaplikasikan sendiri berbagai produk-produk teknologi ini nantinya. Semoga kita termasuk dalam jajaran PTK maupun Operator Sekolah yang Berkualitas… Aamiin… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Resonansi Pendataan Terhadap Pembelajaran TIK PTK"

Post a Comment