Tahun 2015 Pendataan Pendidikan Semakin Intensif, Jumlah Operator/Admin Persekolah Minimal 2 Orang

Sahabat Operator/Admin Sekolah Dapodikdas maupun Padamu Negeri 2015 yang semoga saja senantiasa berbahagia... Aamiin… 

Seperti yang sudah kita ketahui bersama bahwasannya pendataan online maupun offline dalam ranah pendidikan di Indonesia khususnya saat ini semakin intensif dan semuanya ada deadline (batas waktu) pengiriman data. Jika tidak dikerjakan, maka konskuensinya tentu saja tidak menguntungkan bagi pihak-pihak yang berkepentingan khususnya PTK.

Saya pun di sini tidak semata berteori belaka, karena sudah hampir 3 tahun ini saya sendiri selain sebagai guru bidang studi juga sebagai operator sekolah SD – SMP, dan pada akhir-akhir ini malahan saya mendapatkan tugas sebagai Operator Dapodikmen 2015. Tidak apa-apa, semoga Allaah SWT senantiasa memberikan kesehatan bagi kita semua.

Hal ini terjadi dikarenakan tempat tugas saya yang memang sangat kekurangan tenaga administrasi sekolah apalagi yang terkait dengan online, jaringan pun didapat harus pakai antena khusus agar dapat terkoneksi dengan internet.

Kembali ke tema… Dikarenakan banyaknya data dan penyelesaian tugas kerja lainnya, tentu pihak sekolah harus benar-benar memperhatikan honor dan tunjangan yang sesuai pada Operator/Admin Sekolah, penyediaan sarana laptop maupun modem serta biaya paket internet. Terkadang pula biaya transportasi dinas bagi operator sekolah, misalnya dalam rangka rapat kerja antar operator sekolah baik di lingkup kecamatan maupun kabupaten/kota.

Untuk sekolah-sekolah yang masih baru ataupun memiliki jumlah peserta didik, PTK, serta sarana prasarana yang relatif sedikit dengan 1 operator/admin sekolah merangkap pada 2 jenis pendataan, kemungkinan besar masih bisa meng-handle-nya, namun berbeda halnya dengan sekolah-sekolah yang memiliki jumlah peserta didik, guru, sarana prasarana yang sudah mencapai SPM (Standar Pelayanan Minimal) maka 1 petugas khusus (operator/admin sekolah) untuk satu jenis data saja.

Dan tentu jika jenis pendataan lain juga diberikan tugas tersebut kepada petugas lainnya. Hal ini memiliki tujuan agar kualitas pendataan sekolah tersebut optimal serta tuntas sebelum deadline yang sudah ditentukan oleh masing-masing jenis pendataan. 

Tips/Cara Menjadi Operator/Admin Sekolah Yang Profesional silahkan baca di artikel berikutDemikian pembahasan khusus terkait adanya pendataan-pendataan pendidikan yang semakin intensif di tahun 2015 ini sehingga operator sekolah ideal persekolah minimal 2 orang. Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Tahun 2015 Pendataan Pendidikan Semakin Intensif, Jumlah Operator/Admin Persekolah Minimal 2 Orang"

Post a Comment