Lomba Menulis Cerita (LMC) Tahun 2015 Untuk Siswa SD/MI dan SMP/MTs

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Memasuki tahun ke-5 (kelima), Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan kembali (Ditjen Dikdas) menggelar Lomba Menulis Cerita (LMC) bagi siswa Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (LMCA) dan siswa Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (LMCR). Ditjen Dikdas telah menyiapkan hadiah yang menarik berupa uang dan piagam penghargaan.

Bagi pemenang 1, akan menerima hadiah uang sebesar Rp. 6 juta, pemenang 2 Rp. 5 juta, pemenang 3 Rp. 4,5 juta, pemenang 4 s.d. 6 Rp. 4 juta, dan pemenang 7 s.d. 10 Rp. 3,5 juta. Ada hadiah hiburan tambahan untuk tiap pemenang.

Ada 14 tema yang boleh dipilih peserta yaitu kejujuran, ketulusan, disiplin, kerja keras, cinta tanah air, cinta lingkungan, kasih sayang, kesabaran, sopan santun, toleransi, kepedulian sosial, semangat gotong-royong, kepedulian terhadap bencana alam, dan semangat kebaharian. Tulisan dalam bentuk cerita pendek (cerpen) sepanjang 3-6 halaman untuk LMC- SD/MI dan 4-10 halaman untuk LMC-SMP/MTs.

Untuk LMC-SD/MI, kepesertaan terbuka untuk siswa kelas III-VI. Naskah belum pernah dipublikasikan di media manapun. Pembuatannya pun tidak boleh dibantu oleh orang tua, guru, dan teman. Tiap peserta boleh mengirimkan lebih dari satu naskah.

Naskah dikirim ke alamat:

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar,
Sub Output Pembinaan Pendidikan Estetika pada Subbag Rumah Tangga Bagian Umum,
Sekretariat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar,
Kompleks Kemdikbud, Gedung E Lantai 5, Jalan Jenderal Sudirman,
Senayan, Jakarta 10270.

Naskah boleh dikirim langsung ke alamat di atas atau melalui pos paling lambat 1 September 2015 (cap pos). Pengiriman naskah disertai biodata (klik di sini).

Nama pemenang akan diumumkan pada 16 November 2015 melalui laman Ditjen Dikdas (dikdas.kemdikbud.go.id). Sepuluh naskah dari masing-masing kategori akan dipilih sebagai finalis. Kesepuluh finalis akan diundang untuk mengikuti workshop di Jakarta pada akhir 2015.  Untuk keterangan lebih lanjut, silakan klik poster LMC-SD/MI dan LMC-SMP/MTs.

Pada penyelenggaraan LMC tahun lalu, panitia menerima 3.134 naskah peserta, terdiri dari  1.205 naskah LMC-SD/MI dan 1.929 naskah SMP/MTs. Setelah melalui seleksi administratif, lolos 1.154 naskah LMC-SD/MI (lihat Daftar Naskah) dan 1.880 naskah LMC-SMP/MTs (lihat Daftar Naskah).* (Billy Antoro)

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Lomba Menulis Cerita (LMC) Tahun 2015 Untuk Siswa SD/MI dan SMP/MTs"

Post a Comment