Menjawab Pertanyaan, Mengapa Data Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2015/2016 Belum Muncul Di Web NISN / Verval PD Setelah Sinkronisasi Dapodikdas V.4.00

Sahabat Operator Dapodikdas yang berbahagia…

Pada beberapa hari ini seringkali muncul pertanyaan kita tentang mengapa data khususnya peserta didik baru di tahun ajaran 2015/2016 yang sudah kita entrykan pada aplikasi Dapodik dan sudah berhasil sinkron akan tetapi pada residu VervalPD / NISN belum muncul.

Terkait dengan hal tersebut. Berikut saya share penjelasan dari Bpk. Taufik Lone selengkapnya :

Diingatkan kembali kepada teman-teman OPS Sekolah di seluruh Bumi Nusantara…

Sebelum membuka aplikasi VervalPD online :

·       Pastikan data yang di entry/diinput ke aplikasi DAPODIK sudah betul dan sesuai dengan berkas.
·       Lakukan sinkronisasi dengan benar, artinya :
ü Pastikan koneksi internet lancar dan tidak terganggu
ü Apabila report sinkronisasi menyatakan bahwa sinkronisasi berhasil dengan kecepatan pengiriman data berlangsung di bawah 1 menit, sebaiknya lakukan sinkronisasi ulang, dengan mempertimbangkan : Kecepatan akses komputer terhadap koneksi internet, kecepatan jaringan internet, kemungkinan kesibukan/traffic connection dan yang tak kalah pentingnya. Jumlah data yang bakal dikirim/ transfer.
·       Sinkronisasi antar server di unit-unit pengelola data pendidikan dengan PDSPK setiap 2 jam sekali dan sinkronisasi global terjadi setiap pukul 20:30 s/d 03 dini hari.
·       Estimasi waktu tercepat, data akan kirim/ditransfer kembali ke lokal paling lambat 2 hari dalam kondisi kesibukan/traffic connection sedang/middle.
·       Sistem sinkronisasi antar server unit-unit pengelola data pendidikan dengan PDSPK dilakukan secara otomatis / Automaticly.

Semoga penjelasan yang bersifat teknis ini, bisa memberikan pencerahan dan menjawab kegalauan teman-teman OPS kenapa datanya tidak segera muncul setelah melakukan sinkronisasi.

Catatan :

Kami memiliki catatan waktu sinkronisasi yang dilakukan oleh teman-teman OPS. Sebagai contoh saya lampirkan waktu sinkronisasi yang di lakukan oleh OPS SD NEGERI 1 SLOGOHIMO seperti di bawah ini :

Data Dikdas
Last Update : 2015-08-08 Pukul 07:52:52
NPSN : 20311799
Nama Sekolah : SD NEGERI 1 SLOGOHIMO

Datanya tidak bisa segera muncul hari ini, karena masih dalam antrian sinkronisasi seperti disebutkan di atas. Semoga difahami. Terimakasih…

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Menjawab Pertanyaan, Mengapa Data Peserta Didik Baru Tahun Ajaran 2015/2016 Belum Muncul Di Web NISN / Verval PD Setelah Sinkronisasi Dapodikdas V.4.00"

Post a Comment