Cara Download Data Calon Peserta UN / CPUN Dari Dapodik Tahun 2016

Sahabat Operator Sekolah Dapodik yang berbahagia…

Penting diketahui bagi Rekan-rekan Operator Sekolah terkait adanya versi aplikasi Dapodikdas v.4.0.3 yang digunakan untuk memperpanjang masa berlaku aplikasi Dapodikdas generasi 4 untuk input data Dapodik semester 1 tahun pelajaran 2015/2016.

Oleh karena itu, maka data calon peserta UN belum dapat langsung diunduh dari aplikasi Dapodikdas dengan klik pada tombol “Cek Peserta UN” pada tabel “Export UN”, karena fitur ini berfungsi hanya pada periode semester genap (baca pada aplikasi Dapodikdas versi terbaru setelah v.4.0.3 expired).

Akan tetapi di awal semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini, setiap sekolah yang sudah terdapat kelas 6 untuk jenjang SD dan kelas 9 untuk jenjang SMP pastinya sedang mengoptimalkan data calon peserta ujian sekolah (US) SD serta data calon peserta UN (Ujian Nasional untuk jenjang SMP).

Lalu bagaimana cara download data calon peserta US ataupun UN di tahun pelajaran 2015/2016 ini. Untuk menguraikan hal tersebut, perlu diketahui bahwasannya data calon peserta ujian nasional sebelum diunduh dan dikirimkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat, maka dipastikan terlebih dahulu beberapa hal terkait data peserta didik pada kelas paling tinggi yakni kelas 6 SD dan kelas 9 SMP.

Data pokok peserta didik tersebut di antaranya adalah sebagai berikut :

1.   Nama lengkap siswa, tempat dan tanggal lahir, serta nama orang tua siswa disesuaikan berdasarkan pada akta kelahiran peserta didik bersangkutan.

2.   NIS (Nomor Induk Sekolah) peserta didik bersangkutan berdasarkan pada buku induk siswa atau buku pendaftaran siswa pada saat mulai terdaftar di sekolah hingga saat ini.

3. NISN (Nomor Induk Siswa Nasional) sudah dilakukan Verval PD di vervalpd.data.kemdikbud.go.id dan sudah valid. Untuk memastikannya silahkan cek terlebih dahulu di http://nisn.data.kemdikbud.go.id/page/data, karena NISN akan dituliskan di ijasah peserta didik bersangkutan dan untuk keperluan siswa pada jenjang pendidikan yang lebih tinggi seterusnya nanti.

4. Jika sudah OK, cek kembali apakah di aplikasi Dapodikdas sudah tersinkronisasi dengan perubahan terbaru pada Verval PD (jika ada pengajuan edit NISN dan data siswa lain pada laman Verval PD).

5.  Dan yang terakhir cek kembali jumlah peserta didik pada seluruh Rombel (jika lebih dari 1 rombel) pada tingkat/kelas 6 SD atau kelas 9 SMP, jika ada perubahan segera lakukan input data sinkronisasikan kembali. Dan setelah sinkronisasi dari Dapodik telah berhasil dilakukan maka perubahan tersebut otomatis mengubah data di manajemen UN secara realtime..

Setelah beberapa hal maupun langkah-langkah di atas sudah OK silahkan unduh file data calon peserta UN sebagai berikut :

1.  Kunjungi situs Verval Data Calon Peserta UN dengan menggunakan username dan password yang sama dengan login di aplikasi Dapodik.

2.  Bagi rekan-rekan yang belum melakukan verval di laman ini, silahkan lakukan verval terlebih dahulu sampai selesai (, panduan selengkapnya dapat dilihat pada artikel berikut) setelah itu cek terlebih dahulu data calon peserta UN dengan klik pada tombol “Unduh CPUN ke Excel”.

3.  Jika verval data calon peserta US / UN tahun pelajaran 2015/2016 selesai, dan telah dipastikan Pastikan data siswa calon peserta UN sudah lengkap dan valid, sebelum file ini diberikan ke panitia UN Dinas Kab/Kota, silahkan langsung unduh beberapa dokumen penting terkait, di antaranya “Unduh Data Calon Peserta UN” dan “Berita Acara”.

4. Serahkan file unduhan dengan format *.dz yang ukuran filenya hanya beberapa kb saja itu ke Disdik Kabupaten/Kota untuk selanjutnya diimport ke BIO UN SD dan BIO UN SMP Tahun Pelajaran 2015/2016 oleh Operator Dinas Kabupaten/Kota setempat.

Demikian beberapa tips cek data serta unduh data calon peserta UN Tahun Pelajaran 2015/2016. Semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Satu Data Berkualitas…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Download Data Calon Peserta UN / CPUN Dari Dapodik Tahun 2016"

Post a Comment