Download Juklak dan Silabus OSN SMP Tahun 2017

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Olimpiade Sains Nasional (OSN) merupakan kegiatan lomba bidang Matematika, Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) yang diselenggarakan dalam rangka penuntasan wajib belajar yang bermutu.

Olimpiade Sains Nasional bertujuan memotivasi dan menumbuhkembangkan atmosfir kompetisi yang sehat serta mendorong sekolah berperan memfasilitasi siswa untuk meningkatkan kemampuan akademis dalam bidang Matematika, IPA dan IPS. Diharapkan melalui olimpiade ini dapat menstimulus peningkatan mutu pendidikan dan menghasilkan bibit unggul yang dapat berkompetisi pada olimpiade internasional.

Kegiataan OSN dilaksanakan sejak tahun 2003. Pada periode 2003 sampai dengan 2009 bidang yang dilombakan terdiri dari Matematika, Biologi, dan Fisika. Pada tahun 2010, IPS dimasukkan ke dalam bidang yang dilombakan, sehingga sejak tahun itu bidang lomba menjadi 4 bidang lomba. Kemudian pada tahun 2015 bidang Biologi dan Fisika digabung menjadi satu bidang yaitu bidang IPA.


Beberapa prestasi yang telah diraih peraih medali OSN bidang IPA yakni dibuktikan dengan keberhasilan siswa meraih medali pada ajang International Junior Science Olympiad (IJSO). Sedangkan di bidang matematika para peraih medali diberi kesempatan untuk meningkatkan prestasi pada International Mathematics Competation (IMC) dengan membawa medali untuk Indonesia.

Dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan OSN supaya terlaksana secara baik, disusun petunjuk pelaksanaan ini, sebagai rujukan bagi panitia pelaksana kegiatan tingkat sekolah, kabupaten/kota, provinsi, dan tingkat nasional. Diharapkan dengan adanya petunjuk pelaksanaan ini penyelenggaraan OSN dapat terselenggara secara baik.

Adapun yang dilombakan pada Olimpiade Sains Nasional jenjang SMP Tahun 2017 terdiri dari:

1. Matematika
2. Ilmu Pengetahuan Alam
3. Ilmu Pengetahuan Sosial

Untuk jadwal pelaksanaan lomba tingkat nasional OSN Tahun 2017 untuk jenjang SMP/MTs/sederajat ini akan digelar di Pekan Baru, Provinsi Riau pada tanggal 02 – 08 Juli 2017.

Download selengkapnya Juknis OSN SMP Tahun 2017 selengkapnya, silahkan klik pada tautan berikut. Sedangkan untuk download Silabus OSN SMP Tahun 2017 silahkan klik pada tautan berikut. Semoga bermanfaat.

Sumber : http://ditpsmp.kemdikbud.go.id/pesertadidik

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Download Juklak dan Silabus OSN SMP Tahun 2017"

Post a Comment