Matematika Pelaksanaan Tugas Operator Pendataan Pendidikan (OPP)

Sahabat Operator Dapodik yang berbahagia... Sebagai pelaksana tugas operator sekolah, tentu kita harus dapat memanajemen waktu yang ada dengan sebaik mungkin, khususnya saat-saat di mana kita harus melakukan penginputan data di aplikasi Dapodik.

Sehubungan dengan hal tersebut, berikut saya uraikan analogi khusus untuk Rekan-rekan Operator Pendataan Pendidikan dalam mengoptimalkan kualitas data. Jika 1 detail data dapat diselesaikan secara optimal dalam waktu 10 menit. Kemudian untuk optimalkan sebanyak 1.200 macam data, maka perlu waktu 10 x 1.200 = 12.000 menit (200 jam). Jika dalam 1 hari dilakukan selama 8 jam . Maka perlu waktu 25 hari baru dapat dilakukan sinkronisasi. Jika jumlah variabel data tidak sampai 1.200, apalagi dikerjakan dengan lembur (lebih dari 8 jam/hari) tentu saja lebih cepat dari perhitungan di atas.


Namun terdapat tantangan yang terkadang juga bisa lebih lama dari proses entry data di atas adalah proses sebelum entry data di aplikasi Dapodik di antaranya: mengumpulkan formulir isian dan data pendukung, bukti fisik, analisis data, dan proses validasi data yang saling terkait antara yang satu dengan lainnya.

Semoga kita bisa optimalkan setiap waktu dan kesempatan yang ada pada setiap harinya untuk selalu melakukan yang terbaik dalam hal apapun, tak terkecuali dalam akurasi huruf demi huruf, angka demi angka demi kualitas data itu sendiri yang akan berimbas pada diri kita masing-masing untuk semakin menjadi pribadi yang teliti, sabar, dan berintegritas tinggi walau tantangan dan keterbatasan selalu ada di sekitar depan kita... Aamiin...  Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam satu data...!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Matematika Pelaksanaan Tugas Operator Pendataan Pendidikan (OPP)"

Post a Comment