Panduan Cara Mengisi Kuesioner PMP Tahun Pelajaran 2019/2020 SD, SMP, SMA, dan SMK

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Sesuai dengan Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Dasar dan Menengah dalam Pasal 6 ayat (2) dinyatakan bahwa siklus kegiatan memetakan mutu pendidikan di tingkat satuan pendidikan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan yakni: membuat perencanaan peningkatan mutu yang dituangkan dalam Rencana Strategis Pembangunan Pendidikan; dan memfasilitasi pemenuhan mutu di seluruh satuan pendidikan pada Sistem Penjaminan Mutu Eksternal (SPME) Pendidikan Dasar dan Menengah dikembangkan dan dilaksanakan secara berkelanjutan oleh Pemerintah bekerja sama dengan Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya.

Pemerintah mengembangkan sistem informasi mutu pendidikan untuk mendukung proses pemetaan mutu pendidikan yang mengintegrasikan seluruh data dan informasi tentang mutu pendidikan sesuai denga Standar Nasional Pendidikan.

Pemetaan Mutu Pendidikan berdasarkan data dan informasi dalam sistem informasi mutu pendidikan dilakukan oleh pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah dibantu Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah dan sekolah. Instrumen pemeteaan mutu pendidiikan dasar dan menengah disusun mengacu pada 8 komponen Standar Nasional Pendidikan (SNP) yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan, instrumen akreditasi yang disusun oleh Badan Akreditasi Nasional dan peraturan terkait lainnya. Diharapkan kepada seluruh pihak yang berkepentingan dalam pemetaan mutu pendidikan dasar dan menengah untuk mempelajari dan memahami instrumen ini.


Berikut petunjuk pengisian kuesioner Pemetaan Mutu Pendidikan (PMP) di tahun 2019 ini, yakni:

1.   Sekolah dapat membentuk tim yang terdiri atas pihak-pihak yang relevan agar dapat mengawal proses pengumpulan data dan informasi pemetaan mutu bejalan optimal.

2.   Kepala sekolah dan tim yang terlibat dalam pengisian hendaknya mempelajari secara seksama setiap butir pernyataan pada masing-masing komponen dengan membaca bagian panduan teknis pengisian kuesioner yang dijabarkan pada bagian setelanya.

3.   Kepala sekolah dan tim dapat berkonsultasi dengan pengawas sekolah atau petugas pemetaan mutu daerah atau Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) untuk memperoleh informasi dan klarifikasi lebih lengkap terhadap setiap butir pertanyaan pada instrumen.

4.   Seluruh butir pertanyaan harus dijawab dan diisi sesuai dengan keadaan sebenarnya dengan mengacu pada bukti fisik dan non-fisik yang ada di sekolah.

5.   Jawaban untuk setiap butir pertanyaan perlu diteliti kembali secara seksama sebelum dikrimkan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

6.   Pemberian jawaban untuk pilihan bertanda O dilakukan dengan menyilang (x) salah satu tanda dan untuk pilihan pertanda  dilakukan dengan menyilang (x) satu atau lebih tanda.

Link Download/unduh Instrumen PMP SD, SMP, SMA, dan SMK Tahun Pelajaran 2019/2020

Untuk download/unduh Perangkat Instrumen PMP SD, SMP, SMA, dan SMK serta berbagai jenis kuesioner dari masing-masing jenjang pendidikan pada tautan di bawah ini:

1.   Kuesioner Pemetaan Mutu Sekolah Dasar (SD) berisi kumpulan kuesioner untuk :
1)   Kepala Sekolah,
2)   Guru Mata Pelajaran,
3)   Siswa Kelas 4 s.d. 6, dan
4)   Komite Sekolah 

2.   Kuesional Pemetaan Mutu Sekolah Menengah Pertama (SMP) berisi kumpulan kuesioner untuk:
1)   Kepala Sekolah
2)   Guru Mata Pelajaran
3)   Siswa Kelas 7 s.d. 9 dan
4)   Komite Sekolah/Orang Tua Siswa.
               
3.   Kuesional Pemetaan Mutu Sekolah Menengah Atas (SMA) Berisi kumpulan kuesioner untuk:
1)   Kepala Sekolah
2)   Guru Mata Pelajaran
3)   Siswa Kelas 10 s.d. 12 dan
4)   Komite Sekolah/Orang Tua Siswa.

4.   Kuesional Pemetaan Mutu Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berisi kumpulan kuesioner untuk : Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran Siswa Kelas 7 s.d. 9 dan Komite Sekolah/Orang Tua Siswa.
1)   Kepala Sekolah
2)   Guru Mata Pelajaran
3)   Siswa Kelas 10 s.d. 12 dan
4)   Komite Sekolah/Orang Tua Siswa.

Demikian share info terkait Pemetaan Mutu Pendidikan SD, SMP, SMA, dan SMK di tahun pelajaran 2019/2020 ini. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Cara Mengisi Kuesioner PMP Tahun Pelajaran 2019/2020 SD, SMP, SMA, dan SMK"

Post a Comment