Panduan Cara Aktivasi Ulang Aplikasi RKAS Versi 2.0 Tahun 2020 Untuk Memperbaiki Nama Pengguna, Kepala Sekolah dan Bendahara Yang Sudah Terkunci

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Untuk aktivasi ulang aplikasi RKAS dapat dilakukan dengan menggunakan kode aktivasi baru, dan ini dilakukan karena adanya kesalahan waktu proses aktivasi awal, misalhnya harusnya nama Bendahara diisi dengan nama Operator. Reset kode aktivasi RKAS  dapat diajukan sekolah ke operator RKAS Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota setempat. Namun sebelum itu, dipastikan database RKAS (file RKAS ada di dalam folder ArtTech), dan jika pada komputer Anda dihapus jika memang tidak diperlukan atau jika diarsipkan dapat juga direname folder misalnya folder RKAS diubah menjadi RKASLama, ini dilakukan agar dapat melakukan RKAS dengan kode aktivasi yang baru. Adapun cara lain dapat juga dilakukan dengan mengubah folder ArtTech langsung.

Untuk lebih jelasnya, berikut panduan langkah-langkah yang dilakukan sebelum aktivasi ulang setelah mendapatkan kode aktivasi yang baru sebagai berikut:

1.   Pada Windows Explorer, klik pada Local Disc (C:)

2.   Ketikan : %appdata% pada bagian direktorinya, lalu klik ENTER

3.   Di dalam folder *ArtTech* terdapat folder RKAS (database ARKAS). Folder ArtTech yang berisi database ARKAS ini dapat dipindah di komputer lain, dan juga bisa dihapus untuk selanjutnya melakukan aktivasi ulang, jika diperlukan). Dalam hal ini silahkan diubah namanya saja sebagaimana saya perjelas dengan gambar di bawah ini, misal nama folder RKAS diubah menjadi RKASLama.

4.  Silahkan buka kembali aplikasi RKAS dan lakukan registrasi ulang, dan jika gagal uninstall dan install ulang menggunakan installer ARKAS Versi 2.0 yang dapat diunduh dari tautan ini.

5.   Lakukan registrasi ulang dengan menggunakan kode aktivasi yang baru (jika diperlukan).

6.   Pastikan data yang dimasukkan benar, yakni mulai dari isian Kode Aktivasi (4 huruf), NPSN (8 angka), Nama (isi dengan nama Bendahara), Email (untuk login), No. Handphone, dan Password (ulang input 2 kali dengan password yang sama). Password harus kombinasi angka, huruf kecil, kapital supaya tidak mudah diketahui. Panjang karakternya minimal 8 karakter.

7.   Pastikan koneksi internet aktif yang ditandai dengan tanda warna hijau “Terhubung Dengan Server”. Lalu klik tombol “Registrasi”.

8.   Selesai. Silahkan lanjutkan aktivitasnya sesuai dengan Panduan Aplikasi RKAS Versi 2.0 Tahun 2020.

Demikian panduan singkat yang dapat saya uraikan pada kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan terimakasih… Salam Edukasi…!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Cara Aktivasi Ulang Aplikasi RKAS Versi 2.0 Tahun 2020 Untuk Memperbaiki Nama Pengguna, Kepala Sekolah dan Bendahara Yang Sudah Terkunci"

Post a Comment