Aplikasi Dapodik Versi 2021 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Dirilis Bulan Juli 2020, Ini Daftar Pembaruan dan Perubahan Fiturnya

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Aplikasi Dapodik V.2021 untuk input data pendidikan semester I (ganjil) tahun pelajaran 2020/2021 untuk seluruh sekolah pada jenjang PAUD-DIKMAS, DIKDAS dan DIKMEN dalam naungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Sebagaimana uraian dari Tim Pengembang Aplikasi PAUDDIKDASMEN aplikasi baru akan dirilis pada bulan Juli 2020 ini.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 79 Tahun 2015 tentang Data Pokok Pendidikan adalah suatu sistem pendataan yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan yang memuat data satuan pendidikan, peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, dan substansi pendidikan yang datanya bersumber dari satuan pendidikan yang terus menerus diperbaharui secara online. Oleh karena itu, seluruh sekolah diwajibkan mengirimkan data pendidikan satuan pendidikan masing pada periode tertentu.


Entitas Data Pokok Pendidikan (Dapodik) :

1.   Satuan pendidikan : NPSN, Identitas sekolah, lokasi, tanah, bangunan, ruang, alat
2.   Peserta didik : NIK, NISN, Identitas pribadi, alamat, orangtua, prestasi
3.   GTK : Guru, tenaga kependidikan, NUPTK, identitas pribadi, kepegawaian, pendidikan formal
4.   Substansi Pendidikan : Rombongan belajar, pembelajaran, anggota rombel, jadwal, dan sebagainya.

Sebagaimana disampaikan Bpk. Yusuf Rokhmat dan Bpk. Hasan Choiri Mahfud melalui streaming Youtube channel Bahas Dapodik dengan judul Pemutakhiran Sistem Dapodik PAUD Dikdasmen Semester 1 Tahun Pelajaran 2020-2021 ada beberapa hal penting yang sudah disampaikan, salah satunya informasi awal Aplikasi Dapodik Versi 2021 yang merupakan Aplikasi offline berbasis web digunakan untuk semua jenjang PAUD Dikdas, Dikmen, dan Kesetaraan pengiriman menggunakan sinkronisasi satu aplikasi dapat digunakan lebih dari satu sekolah.


Pengenalan fitur pembaruan dan perubahan  aplikasi Dapodik Versi 2021:

1.   Penyesuaian aplikasi untuk jenjang PAUD,DIKMAS, DIKDAS dan DIKMEN.
2.   Kode registrasi format baru untuk PAUD, SKB yang dulunya terdiri dari 30 digit nantinya akan diubah 10 digit, dan PKBM, untuk jenjang Dikdas dan Dikmen tetap.
3.   Referensi Status Desa berdasarkan Kepmendikbud Nomor 580/P/2020 tentang Daerah Khusus Berdasarkan Kondisi Geografis.
4.   Integrasi output data hasil PPDB daerah
5.   Penonaktifkan referensi Kurikulum 2006 (KTSP) dan wajib menggunakan Kurikulum 2013 pada aplikasi Dapodik hanya ada referensi Kurikulum 2013 dan SMK wajib menggunakan Kurikulum 2013 revisi.
6.   Penyesuaian formulir pada halaman registrasi.
7.   Penambahan fitur untuk mengisi e-form kesehatan satuan pendidikan yakni formulir kesehatan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19 untuk diisi oleh Kepala Sekolah
8.   Penambahan data rinci PAUD khusus untuk jenjang PAUD
9.   Penambahan program dan layanan untuk jenjang PKBM dan SKB
10. Penambahan atribut tanggal mulai dan tanggal selesai pada isian rombongan belajar untuk PKBM dan SKB, pencatatan waktu pelaksanaan pembelajaran untuk layanan yang diselenggarakan PKBM dan SKB.

Saksikan video selengkapnya tentang Pemutakhiran Sistem Dapodik PAUD Dikdasmen Semester 1 Tahun Pelajaran 2020-2021 oleh Tim Pengembang Aplikasi Dapodik PAUD-DIKDASMEN pada video channel Youtube Bahas Dapodik.


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Aplikasi Dapodik Versi 2021 Semester I Tahun Pelajaran 2020/2021 Dirilis Bulan Juli 2020, Ini Daftar Pembaruan dan Perubahan Fiturnya"

Post a Comment