Buku Guru Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SD/MI Kelas IV ini disusun berdasarkan Kurikulum 2013. Buku ini dirumuskan sesuai dengan kompetensi yang dikehendaki pada Kurikulum 2013, yakni ketercapaian kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh.

Berdasarkan pencapaian kompetensi sesuai dengan Kurikulum 2013, buku ini tidak hanya disusun untuk membentuk keterampilan olahraga dan pengetahuan kesehatan saja. PJOK juga menuntut sikap perilaku dalam olahraga dan kesehatan. Akhirnya, terbentuklah peserta didik yang memiliki kesadaran akan kebugaran jasmani, olahraga, dan kesehatan. Buku ini dirancang dengan berbasis pada aktivitas peserta didik.

Dengan demikian, diharapkan peserta didik dapat terbiasa melakukangerak jasmani dan olahraga serta sadar akan pentingnya menjaga kesehatan. Di samping itu, buku ini dikembangkan sesuai dengan unsur muatan lokal dan kearifan lokal. Pelaksanaan pembelajaran pada buku ini juga memfasilitasi peserta didik untuk mengembangkan sikap nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong royong, dan religius. Buku ini menguraikan langkah-langkah minimal yang dapat dilakukan guru untuk mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan.


Sesuai dengan Kurikulum 2013, guru harus mampu mendorong dan memperkaya pengetahuan peserta didik melalui berbagai sumber belajar serta kegiatan-kegiatan yang relevan sesuai dengan kondisi kelas/sekolah masing-masing.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Guru Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas 4 SD/MI ini adalah sebagai berikut:

Pelajaran 1 Variasi Gerak Dasar Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif pada Permainan Bola Besar
Pelajaran 2 Variasi Gerak Dasar (Lokomotor, Nonlokomotor, dan Manipulatif) pada Permainan Bola Kecil
Pelajaran 3 Variasi Gerak Dasar Melalui Permainan Tradisional
Pelajaran 4 Gerak Dasar Seni Bela Diri Pencak Silat
Pelajaran 5 Bentuk-Bentuk Aktivitas Kebugaran Jasmani
Pelajaran 6 Variasi dan Kombinasi Berbagai Pola Gerak Dominan dalam Aktivitas Senam Lantai
Pelajaran 7 Variasi Gerak Dasar Langkah dan Ayunan dalam Aktivitas Gerak Berirama
Pelajaran 8 Gerak Dasar Renang Gaya Bebas
Pelajaran 9 Jenis Cedera dan Cara Penanggulangannya
Pelajaran 10 Melakukan Prilaku Terpuji

Download/unduh Buku Guru Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan silahkan klik pada tautan di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Guru Kelas IV SD/MI Kurikulum 2013 Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan"

Post a Comment