Buku Guru Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Buku Guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk SD/MI Kelas V yang disusun berdasarkan Kurikulum 2013 Edisi Revisi ini dapat diselesaikan. Buku ini digunakan sebagai pegangan guru selaku pendidik untuk mengajarkan ilmu pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan supaya peserta didik termotivasi menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kita tentu menyadari bahwa di era revolusi industri ke-4 yang sedang terjadi saat ini, menuntut semua orang berpikir dan bertindak cepat untuk berprestasi. Hal ini selain ditunjang oleh penguasaan kemampuan literasi yang terdiri atas literasi data, teknologi, dan manusia, juga harus ditunjang oleh kemampuan jasmani, olahraga, dan kesehatan yang prima. Untuk itulah, menjadi tugas utama guru untuk mengantarkan putra/putri didiknya untuk meraih prestasi. Peserta didik yang diampu dituntut memiliki tingkat kesegaran dan kebugaran jasmani yang prima dan baik karena dalam tubuh yang sehat terdapat jiwa yang kuat.

Dalam aktivitas belajar, peserta didik harus mempersiapkan dan menyusun strategi untuk mengatur tenaga, energi, kemampuan berpikir, dan sebagainya. Dengan mempelajari materi di buku siswa dan mempraktikkan pendidikan jasmani, olahraga, dan kesehatan, peserta didik akan terlatih mengatur strategi dalam rangka meraih prestasi. Dengan demikian, peserta didik dapat meningkatkan kesegaran dankebugaran jasmani sebagai penyeimbang aktivitas-aktivitas belajar. Peserta didik yang memiliki tingkat kesegaran dan kebugaran jasmani yang baik tentu mampu mengembangkan strategi-strategi yang akan sangat berguna untuk menyelesaikan tugas-tugas belajarnya.


Melalui materi mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan, peserta didik akan dilatih melakukan berbagai aktivitas jasmani yang bermanfaat, terarah, dan sesuai kaidah. Adapun tujuan penulisan buku ini mempermudah tugas guru untuk menyampaikan materi mata pelajaran Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan yang terdiri atas berbagai aktivitas fisik. Seperti kombinasi gerak dasar dalam permainan bola besar maupun bola kecil, olahraga yangdimodifikasi dan/atau olahraga tradisional, gerak dasar seni beladiri, aktivitas latihan daya tahan jantung, aktivitas senam, aktivitas di air, pemeliharaan diri dan orang lain dari penyakit, juga budaya hidup sehat.

Guru diharapkan juga berupaya mengembangkan nilai sportivitas, kejujuran, kedisiplinan, kerja sama, percaya diri, dan demokratis peserta didik melalui pembelajaran yang dilakukan. Hal ini tentu sesuai dengan penanaman lima karakter utama yang dicanangkan pemerintah dalam pendidikan nasional berupa nasionalisme, integritas, kemandirian, gotong royong, dan religius. Guru selain berupaya membuat siswa bugar dan sehat, juga turut membantu siswa memiliki karakter dan sikap-sikap positif yang tentu berguna bagi bangsa dan negara.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Guru Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan untuk Kelas 5 SD/MI ini adalah sebagai berikut:

Bagian I Petunjuk Umum
A. Pendahuluan
B. Makna Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan
C. Tujuan Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI Kelas V
D. Ruang Lingkup Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan SD/MI Kelas V
E. Pendekatan Pembelajaran dan Metode Pembelajaran PJOK SD/MI Kelas V
F. Kelengkapan Sarana Prasarana dan Keselamatan Saat Pembelajaran PJOK SD/MI Kelas V
G. Panduan Metodik Guru dalam Pembelajaran PJOK
H. Penilaian Pembelajaran PJOK SD/MI Kelas V

Bagian 2 Petunjuk Khusus
Pelajaran 1 Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Besar
Pelajaran 2 Kombinasi Gerak Dasar dalam Permainan Bola Kecil
Pelajaran 3 Kombinasi Gerak Dasar Jalan, Lari, Lompat, dan Lempar melalui Permainan
Pelajaran 4 Variasi Gerak Dasar untuk Membentuk Gerak Dasar Seni Bela Diri Pencak Silat
Pelajaran 5 Melatih Daya Tahan Jantung untuk Kebugaran Jasmani
Pelajaran 6 Kombinasi Pola Gerak Membentuk Keterampilan Dasar Senam Menggunakan Alat
Pelajaran 7 Kombinasi Gerak Dasar Langkah Kaki dan Ayunan Lengan pada Aktivitas Gerak Berirama
Pelajaran 8 Gerak Dasar Renang Gaya Dada
Pelajaran 9 Pemeliharaan Diri dari Penyakit Menular dan Tidak Menular
Pelajaran 10 Bahaya Mer0kok, Minuman Keras, dan N4PZA
Kunci Jawaban

Download/unduh Buku Guru Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan silahkan klik pada tautan di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Guru Kelas V SD/MI Kurikulum 2013 Giat Berolahraga Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan"

Post a Comment