Buku Guru Kurikulum 2013 PJOK Kelas 12 Edisi Revisi 2018 SMA/MA/SMK/MAK

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran tahun pelajaran 2020/2021 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Penjas Orkes / PJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan) untuk Guru SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Edisi Revisi 2018.

Kemajuan peradaban telah menciptakan pola hidup praktis, cepat, dan instan yang sangat berpengaruh terhadap kesehatan dan kebugaran jasmani. Kegiatan sehari-hari yang menggunakan sebagian kecil anggota tubuh saja dengan usaha minimal, termasuk makan makanan siap saji, adalah pola hidup yang terjadi akibat kemajuan peradaban. Kenyataan ini sangat perlu diimbangi dengan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya kebugaran dan kesehatan jasmani, yang telah dirumuskan dalam kompetensi keterampilan Kurikulum2013 yaitu memiliki kemampuan pikir dan tindak yang produktif dan kreatif dalam ranah konkret dan abstrak, sebagai arahan akan pentingnya kesadaran atas kebugaran dan kesehatan jasmani.

Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) untuk Pendidikan Menengah Kelas XII yang disajikan dalam buku ini memuat aktivitas dan materi yang diperlukan untuk memberikan kesadaran itu; termasuk juga pengetahuan dan teknik yang diperlukan untuk menjaga dan meningkatkan kebugaran dan kesehatan jasmani. Sebagai bagian dari Kurikulum 2013 yang dirancang untuk memperkuat kompetensi sikap, pengetahuan, dan keterampilan secara utuh, PJOK bukan hanya untuk mengasah kompetensi keterampilan motorik, atau terbagi menjadi pengetahuan tentang kesehatan dan keterampilan berolahraga.


PJOK adalah mata BAB yang memuat pengetahuan tentang gerak jasmani dalam berolahraga serta faktor kesehatan yang dapat mempengaruhinya, keterampilan konkret dan abstrak yang dibentuk melalui pengetahuan tersebut, serta sikap perilaku yang dituntut dalam berolahraga dan menjaga kesehatan sebagai suatu kesatuan utuh. Sehingga terbentuk peserta didik yang sadar kebugaran jasmani, sadar olahraga, dan sadar kesehatan.

Pembelajarannya dirancang berbasis aktivitas tentang jenis gerak jasmani/olahraga dan usaha-usaha menjaga kesehatan yang sesuai untuk siswa Pendidikan Menengah Kelas XII. Aktivitas-aktivitas yang dirancang untukmembiasakan siswa melakukan gerak jasmani dan berolahraga dengan senang hati karena sadar pentingnya menjaga kebugaran dan kesehatan melalui gerak jasmani, olahraga, dan dengan memperhatikan faktor-faktor kesehatan yang mempengaruhinya. Sebagai mata BAB yang mengandung unsur muatan lokal, tambahan materi yang digali dari kearifan lokal dan relevan dengan mata BAB ini sangat diharapkan untuk ditambahkan sebagai pengayaan dari buku ini.

Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran Guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Adapun daftar isi utama dari Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran / bidang studi PJOK SMA/MA/SMK/MAK Kelas XII Edisi Revisi 2018 di antaranya adalah sebagai berikut:

BAB 1 PEMBELAJARAN MENGANALISIS MERANCANG DAN

MENGEVALUASI STRATEGI DAN TAKTIK PERMAINAN BOLA BESAR

BAB 2 PEMBELAJARAN MENGANALISIS MERANCANG DAN MENGEVALUASI STRATEGI DAN TAKTIK PERMAINAN BOLA KECIL

BAB 3 PEMBELAJARAN MENGANALISIS MERANCANG DANMENGEVALUASI STRATEGI DAN TAKTIK PERLOMBAAN ATLETIK

BAB 4 PEMBELAJARAN MENGANALISIS MERANCANG DAN MENGEVALUASI STRATEGI DAN TAKTIK BELA DIRI PENCAK SILAT

BAB 5 PEMBELAJARAN MENGANALISIS KONSEP PENYUSUNANPROGRAM PENINGKATAN DAN MENGEVALUASI DERAJAT KEBUGARAN JASMANI

BAB 6 PEMBELAJARAN MENGANALISIS MERANCANG DAN MENGEVALUASI RANGKAIAN SENAM LANTAI

BAB 7 PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAN MERANCANG KOREOGRAFI SERTA MENGEVALUASI KUALITAS GERAKAN AKTIVITAS GERAK RITMIK

BAB 8 PEMBELAJARAN MENGANALISIS KETERAMPILAN GAYA RENANG, DAN PENYELAMATAN KEGAWATDARURATAN DI AIR

BAB 9 PEMBELAJARAN MENGANALISIS DAMPAK DAN PENANGGULANGAN PMS

Download/unduh Buku Kurikulum 2013 Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan Edisi Revisi 2018 untuk Guru SMA/MA dan SMK/MAK Kelas 12 (Dua Belas) untuk semester 1 dan semester 2 selengkapnya silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Guru Kurikulum 2013 PJOK Kelas 12 Edisi Revisi 2018 SMA/MA/SMK/MAK "

Post a Comment