Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 12 Edisi Revisi 2018 SMA/SMK

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Di awal tahun pelajaran tahun pelajaran 2020/2021 ini, saya akan share links download / unduh gratis Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti untuk Siswa SMA/SMK Kelas XII Edisi Revisi 2018.

Kurikulum 2013 dirancang agar peserta didik tidak hanya bertambah pengetahuannya, tetapi meningkat juga keterampilannya dan semakin mulia kepribadiannya. Ada kesatuan utuh antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini perlu tercermin dalam pembelajaran agama. Melalui pembelajaran pengetahuan agama diharapkan akan terbentuk keterampilan beragama dan terwujud sikap beragama siswa. Tentu saja sikap beragama yang berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sekitarnya. Untuk memastikan keseimbangan ini, pelajaran agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan budi pekerti. Hakikat budi pekerti adalah sikap atau perilaku seseorang dalam  hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, masyarakat dan bangsa, serta alam sekitar. Jadi, pendidikan budi pekerti adalah usaha menanamkan nilai-nilai moral ke dalam sikap dan perilaku generasi bangsa agar mereka memiliki kesantunan dalam berinteraksi.

Nilai-nilai moral/karakter yang ingin kita bangun antara lain adalah sikap jujur, disiplin, bersih, penuh kasih sayang, punya kepenasaran intelektual, dan kreatif. Di sini pengetahuan agama yang dipelajari para siswa menjadi sumber nilai dan penggerak perilaku mereka. Sekadar contoh, diantara nilai budi pekerti dalam Hindu dikenal dengan Tri Marga (bakti kepada Tuhan, orangtua, dan guru; karma, bekerja sebaik-baiknya untuk dipersembahkan kepada orang lain dan Tuhan; Jnana, menuntut ilmu sebanyak-banyaknya untuk bekal hidup dan penuntun hidup) dan Tri Warga (dharma, berbuat berdasarkan atas kebenaran; artha, memenuhi harta benda kebutuhan hidup berdasarkan kebenaran, dan karma, memenuhi keinginan sesuai dengan norma-norma yang berlaku). Kata kuncinya, budi pekerti adalah tindakan, bukan sekedar pengetahuan yang harus diingat oleh para siswa, maka proses pembelajarannya seharusnya mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan.


Buku ini menjabarkan usaha minimal yang harus dilakukan siswa untuk mencapai kompetensi yang diharapkan. Sesuai dengan pendekatan yang digunakan dalam Kurikulum 2013, siswa diajak menjadi berani untuk mencari sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya. Peran guru dalam meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan pada buku ini sangat penting. Guru dapat memperkayanya dengan kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan yang bersumber dari lingkungan sosial dan alam.

Adapun daftar isi utama dari Buku Kurikulum 2013 mata pelajaran / bidang studi Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti SMA/SMK Kelas XII Edisi Revisi 2018 di antaranya adalah sebagai berikut:

Bab I WEDA SEBAGAI SUMBER HUKUM HINDU
A.    Perkembangan Hukum Hindu
B.    Sumber-Sumber Hukum Hindu
C.    Çloka Kitab Suci yang Menjelaskan Sumber Hukum Hindu
D.    Hubungan Hukum Hindu dengan Budaya, Adat-Istiadat, dan Kearifan Daerah Setempat

Bab II SEJARAH PERKEMBANGAN KEBUDAYAAN HINDU DI DUNIA
A.    Kebudayaan Prasejarah dan Sejarah Agama Hindu di Dunia
B.    Teori-Teori Masuknya Agama Hindu ke Indonesia
C.    Bukti-Bukti Monumental Peninggalan Prasejarah dan Sejarah Perkembangan Agama Hindu di Dunia
D.    Pelestarian Peninggalan Budaya Agama Hindu di Indonesia
E.    Kontribusi Kebudayaan Hindu dalam pembangunan Nasional dan Pariwisata Indonesia menuju Era Globalisasi

Bab III TANTRA, YANTRA, DAN MANTRA
A.    Ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra
B.    Fungsi dan manfaat Tantra, Yantra, dan Mantra dalam Kehidupan dan Penerapan Ajaran Hindu
C.    Bentuk-Bentuk Tantra, Yantra, dan Mantra yang Dipergunakan dalam Praktik Kehidupan Sesuai Ajaran Agama Hindu
D.    Cara Mempraktikkan Ajaran Tantra, Yantra, dan Mantra

Bab IV ASHTANGGA YOGA DAN MOKSHA
A.    Ajaran Ashtangga Yoga
B.    Bagian-Bagian Ashtangga Yoga
C.    Hambatan dan Tantangan dalam Penerapan Ashtangga Yoga
D.    Manfaat Ajaran Ashtangga Yoga untuk Kesehatan Jasmani dan Rohani
E.    Penerapan Ashtangga Yoga dalam Mencapai Moksha
F.    Ashtangga Yoga sebagai Dasar Pembentukan Budi Pekerti Luhur dalam Zaman Globalisasi

Bab V DASA YAMA BRATHA DAN NYAMA BRATHA
A.    Ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
B.    Bagian-Bagian Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha
C.    Tujuan dan Manfaat Ajaran Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam Pembentukan Kepribadian yang Luhur
D.    Contoh penerapan Dasa Yama Bratha dan Dasa Nyama Bratha dalam Kehidupan

Download/unduh Buku Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Edisi Revisi 2018 untuk Siswa SMA dan SMK Kelas 12 (Dua Belas) untuk semester 1 dan semester 2 selengkapnya silahkan klik pada tautan yang tersedia di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Hindu dan Budi Pekerti Kelas 12 Edisi Revisi 2018 SMA/SMK "

Post a Comment