Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Belajar bukan sekedar untuk tahu, melainkan dengan belajar seseorang menjadi tumbuh dan berubah serta mengubah keadaan. Begitulah Kurikulum 2013 dirancang agar tahapan pembelajaran memungkinkan siswa berkembang dari proses menyerap pengetahuan dan mengembangkan keterampilan hingga memekarkan sikap serta nilai-nilai luhur kemanusiaan.

Pembelajaran agama diharapkan tak hanya menambah wawasan keagamaan, tapi juga mengasah “keterampilan beragama” dan mewujudkan sikap beragama siswa. Tentu saja sikap, beragama yang utuh dan berimbang, mencakup hubungan manusia dengan Penciptanya dan hubungan manusia dengan sesama dan lingkungan sekitarnya. Untuk itu, pendidikan agama perlu diberi penekanan khusus terkait dengan pembentukan budi pekerti yang luhur, antara lain: kesantunan dalam berinteraksi,kejujuran, kasih sayang, kebersihan, kedisiplinan, kepenasaran intelektual, dan kreativitas.

Sekedar contoh, di antara nilai budi pekerti dalam ajaran Konghucu dikenal Wu Chang (lima sifat kekekalan/mulia), Wu Lun (lima hubungan sosial), dan Ba De (delapan kebajikan). Mengenai Wu Chang, Kongzi menegaskan bahwa siapa dapat memasukkan lima hal ke dalam kebiasaan dimanapun di bawah langit akanmenjadi orang yang berbudi luhur. Saat ditanya apa saja kelima hal tersebut, ia menjawab, “Kesopanan, kemurahan hati, kesetiaan, ketekunan, dan kebaikan hati”. Bila kamu berlaku sopan, kamu tidak akan dihina; bila kamu murah hati, kamu akan memenangkan orang banyak; bila kamu setia, orang lain akan mempercayaimu; bila kamu tekun, kamu akan berhasil; dan bila kamu baik hati, kamu akan memimpin orang lain.” (A 17.6)


Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas VI ini ditulis dengan semangat itu. Pembelajarannya dibagi dalam kegiatan-kegiatan keagamaan yang harus dilakukan siswa dalam usaha memahami pengetahuan agamanya dan diaktualisasikan dalam tindakan nyata dan sikap keseharian.

Peran guru sangat penting untuk meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa dengan ketersediaan kegiatan yang ada pada buku ini. Penyesuaian ini antara lain dengan membuka kesempatan luas bagi guru untuk berkreasi dan memperkayanya dengan kegiatan-kegiatan lain yang sesuai dan relevan, yang bersumber dari lingkungan alam, sosial, dan budaya sekitar.

Adapun daftar isi utama dalam Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas untuk Kelas 6 Sekolah Dasar Edisi Revisi Tahun 2018 ini adalah sebagai berikut:

BAB I KARUNIA PEMBERIAN TIAN DAN PEMBERIAN MANUSIA
A. Tian (/Tuhan Yang Maha Esa)
B. Ren (/Manusia) dan Watak Sejati
C. Iman dan Keimanan yang Pokok
D. Anugerah Pemberian Manusia

BAB II PERILAKU JUNZI
A. Perilaku Yanhui
B. Ajaran Nabi Kongzi
C. Belajar dan Selalu Dilatih

BAB III HUKUM ALAM SEMESTA
A. Yin dan Yang Penciptaan Alam Semesta
B. Menjaga Kelestarian Lingkungan

BAB IV KETELADANAN RAJA SUCI DAYU
A. Raja Suci Dayu (大禹)
B. Bakti (Xiao/)
C. Lima Sikap Rendah Hati

Download/unduh Buku Siswa Kurikulum 2013 Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas VI SD Edisi Revisi 2018 silahkan klik pada tautan di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Siswa Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas VI Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2018 "

Post a Comment