Panduan Penulisan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Guru SD, SMP, dan SMA

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Berpikir merupakan suatu kegiatan mental yang terjadi ketika seseorang dihadapkan pada situasi atau suatu permasalahan yang harus diselesaikan. Kegiatan mental atau kegiatan berpikir yang terjadi dapat berbeda-beda tingkatannya tergantung pada situasi atau kompleksitas masalah yang dihadapi. Suatu masalah mungkin dapat diselesaikan dengan tingkat berpikir yang lebih rendah seperti mengingat dan memahami. Masalah lain yang lebih kompleks memerlukan keterampilan berpikir yang lebih tinggi, seperti menganalisis dan mengevaluasi.

Proses berpikir dan klasifikasinya telah banyak dibahas para ahli. Klasifikasi atau taksonomi yang paling dikenal dalam dunia pendidikan ialah Taksonomi Bloom. Taksonomi tersebut digagas oleh Benyamin Bloom dan dipublikasikan bersama koleganya pada tahun 1956. Setelah 40 tahun, Taksonomi tersebut direvisi, terutama oleh Lorin Anderson dan David Krathwol dan dipublikasi tahun 2001.

Dalam Taksonomi Bloom yang direvisi tersebut, dirumuskan 6 level proses berpikir, yaitu:

1.   mengingat (remembering),
2.   memahami (understanding),
3.   menerapkan (applying),
4.   menganalisis (analyzing),
5.   mengevaluasi (evaluating), dan
6.   mengkreasi (creating).

Keterampilan berpikir tingkat tinggi atau yang lebih dikenal HOTS (higher order thinking skills) merupakan topik yang hangat dibicarakan di dunia pendidikan. Isu yang menjadi perhatian adalah rendahnya keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik Indonesia, seperti ditunjukkan hasil studi internasional PISA (Programme for International Student Assessment). Padahal keterampilan berpikir tingkat tinggi merupakan salah satu modal individu untuk mempersiapkan diri menghadapi dunia nyata dengan perubahan yang semakin cepat.


Salah satu usaha yang perlu dilakukan dunia pendidikan untuk menyiapkan peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang dapat bersaing di tingkat global adalah meningkatkan keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Pusat Penilaian Pendidikan sebagai lembaga penilaian berskala nasional membantu mewujudkannya dengan menyiapkan buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi). Diharapkan dengan buku ini, pendidik dapat menyusun instrumen penilaian yang berkualitas.

Buku ini merupakan bagian dari rangkaian buku penilaian yang diterbitkan Pusat Penilaian Pendidikan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, yaitu Penilaian Tes Tertulis, Penilaian Kinerja, Penilaian Formatif, dan Penilaian Karakter. Pembaca juga diharapkan mencermati buku-buku tersebut disamping buku Penulisan Soal HOTS-Higher Order Thinking Skills (Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi) ini.

Isi Panduan Penulisan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Guru SD, SMP, dan SMA di antaranya sebagai berikut:

BAB II MENILAI BERPIKIR TINGKAT TINGGI
A. Pengertian Berpikir Tingkat Tinggi
B. Bagaimana Menilai Berpikir Tingkat Tinggi?
1. Prinsip Penyusunan Instrumen Penilaian Secara Umum
2. Prinsip Penyusunan Instrumen Penilaian Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

BAB III PENULISAN SOAL KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGGI
A. Langkah Penulisan Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi
B. Contoh Soal Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi

Jenjang SD
(1) Bahasa Indonesia
(2) Matematika
(3) Ilmu Pengetahuan Alam
(4) Ilmu Pengetahuan Sosial

Jenjang SMP
(1) Bahasa Indonesia
(2) Matematika
(3) Ilmu Pengetahuan Alam (Fisika)
(4) Ilmu Pengetahuan Alam (Biologi)
(5) Bahasa Inggris

Jenjang SMA
(1) Matematika
(2) Bahasa Indonesia
(3) Bahasa Inggris
(4) Fisika
(5) Biologi
(6) Kimia
(7) Ekonomi
(8) Sosiologi
(9) Geografi
(10) Antropologi
(11) Kewarganegaraan

Download/unduh buku Panduan Penulisan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Guru SD, SMP, dan SMA pada tautan di bawah ini:


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Panduan Penulisan Soal Hots (Higher Order Thinking Skills) Untuk Guru SD, SMP, dan SMA"

Post a Comment