Cara Mudah Verifikasi Akun PTK di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id Untuk Jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Dikarenakan masih ada banyaknya pertanyaan dari Rekan-rekan  terkait dengan ini, yakni bagaimana caranya untuk verifikasi akun Pendidik dan Tenaga Kependidikan dengan menggunakan email yang digunakan sebagai Akun PTK melalui laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/, sebagai berikut:


a.   Pastikan email yang digunakan sebagai akun PTK adalah email aktif dengan password yang benar dengan cara cek login terlebih dahulu, contoh jika email menggunakan domain @gmail.com silahkan dicoba terlebih dahulu login menggunakan alamat email dan password email di gmail.com. Dikarenakan nantinya kode verifikasi akan dikirim melalui alamat email tersebut.


b.   Sudah disinkronisasikan melalui aplikasi Dapodik Versi 2021.a


c.   Login di https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/ dengan menggunakan email dan password yang didaftarkan akun PTK. Jika lupa password, dapat menghubungi operator sekolah maupun operator dinas, dengan catatan data akun PTK sudah terakomodir di manajemen Dapodik sekolah maupun di manajemen Dapodik dinas.

Setelah berhasil login pada laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id/, silahkan lakukan langkah-langkah untuk verifikasi akun email pendidik dan tenaga kependidikan dengan cara sebagai berikut:


1.   klik pada menu Biodata

2.   klik menu Akun

3.   klik menu Verifikasi Sekarang.

4.   Login ke email yang digunakan untuk akun PTK, kemudian cek kotak masuk pada email Anda dan perhatikan ada kode verifikasi sebanyak 4 digit angka yang masuk tersebut untuk verifikasi akun di langkah selanjutnya.


5.   Entri 4 digit angka yang masuk pada email tersebut dengan benar pada kolom tersedia di bagian Kode Verifikasi kemudian klik tombol Simpan.

Selanjutnya, setelah proses verifikasi akun PTK di atas berhasil atau selesai, silahkan sekolah melakukan sinkronisasi melalui aplikasi Dapodik Versi 2021.a agar nantinya status di Dapodik sudah terverifikasi. Semoga bermanfaat dan terimakasih. Salam Edukasi..!

Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Mudah Verifikasi Akun PTK di laman https://ptk.datadik.kemdikbud.go.id Untuk Jenjang PAUD, TK, SD, SMP, SMA, SMK, dan SLB Tahun 2020"

Post a Comment