Cara Cek Progres Status Vaksinasi Covid-19 Peserta Didik dan PTK Terintegrasi Dapodik Tahun 2022

Sahabat Edukasi yang berbahagia… Terkait dengan kebijakan pembelajaran pada masa pandemi telah disesuaikan beberapa kali dengan pertimbangan keselamatan, kesehatan, dan evaluasi capaian belajar yakni SKB 4 Menteri yang diberlakukan mulai Januari 2022 bahwasannya semua satuan Pendidikan pada level 1, 2 dan 3 PPKM wajib melaksanakan PTM terbatas. Pengaturan kapasitas peserta didik , dan durasi pembelajaran dalam penyelenggaraan PTM Terbatas diatur berdasarkan cakupan vaksinasi dosis 2 pendidik, tenaga kependidikan, dan warga masyarakat lanjut usia.

Kementerian Kesehatan bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengembangkan Sekolah Aman agar pembelajaran tatap muka (PTM) di sekolah (satuan pendidikan) dapat berlangsung aman dari penularan Covid-19. Sistem ini digunakan untuk memantau setiap warga sekolah sehingga Satgas Covid-19 Sekolah dapat mengambil tindakan untuk mengantisipasi adanya warga sekolah yang beresiko menularkan Covid-19.


Satuan pendidikan dapat melihat dan mengunduh data individu warga satuan pendidikannya berdasarkan kategori hasil pemadanannya. Satuan pendidikan Login ke https://sekolahaman.kemkes.go.id/ menggunakan Akun SSO DAPODIK masing masing sekolah.

Berikut adalah panduan cara cek progress vaksinasi Covid-19 bagi Guru dan Tenaga Kependidikan serta Peserta Didik yang sudah terintegrasi dengan akun OPS Dapodik sebagai berikut:


1.   Kunjungi laman https://sekolahaman.kemkes.go.id/, lalu klik tombol “Masuk”, 


2.   Masukkan username dan password akun SSO Dapodik atau akun SDM Operator Sekolah kemudian klik “Log In”.

3.   Kemudian klik pada menu Profil Sekolah, dan pada Data Sekolah dan Daftar Satgas Covid-19 Sekolah, alamat email dapat diperbaiki kemudian klik ikon Simpan. Selanjutnya, pada bagian Detil Satgas Covid-19 pada Informasi Satgas Covid-19 Sekolah, masukkan nomor Ponsel/Whatsapp kemudian klik pada ikon Simpan.

4.   Selanjutnya, klik Warga Sekolah untuk melihat dan mengunduh data individu warga satuan pendidikannya berdasarkan kategori hasil pemadanannya. Di sini dapat diunduh data seluruh warga sekolah yang terdiri dari Peserta Didik, PTK, dan Non-PTK maupun secara keseluruhan dalam sekali unduh.

 

Berikut penjelasan dari masing-masing status warna yang ditampilkan:

·     Warna Hijau : Telah divaksin lengkap 2 x vaksin dan tidak ada hasil tes positif atau catatan kontak erat atau 2 x 24 PCR hasil negatif atau 1 x 24 Antigen hasil negatif

·     Warna Kuning : Vaksin 1 kali atau Vaksin dosis 1 atau Penyintas 3 bulan tidak ada data bahwa yang bersangkutan positif COVID 19 atau kontak erat.

·     Warna Merah : Belum Vaksin dan Tidak ada kontak erat dengan kasus positif COVID 19

·     Warna Hitam : Positif COVID 19 atau Kontak Erat.

Demikian informasi yang dapat saya sajikan. Semoga bermanfaat dan terima kasih. Salam Edukasi..!


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Cara Cek Progres Status Vaksinasi Covid-19 Peserta Didik dan PTK Terintegrasi Dapodik Tahun 2022"

Post a Comment