Materi Pelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Prototipe Buku Siswa

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Kurikulum dirancang agar peserta didik bertambah pengetahuannya, sekaligus meningkat juga keterampilannya, dan semakin mulia kepribadiannya. Ada kesatuan yang tidak bisa dipisahkan antara kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan sikap. Keutuhan ini harus tercermin dalam pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti. Melalui ranah pengetahuan, diharapkan akan terbentuk sikap sosial maupun sikap spiritual yang baik, serta terbentuk keterampilan yang berkaitan dengan bagaimana menempatklan diri, bersikap, dan bertindak dalam setiap interaksi dengan sesama manusia, kapanpu, dimanapun dan dengan siapapun. Sikap spiritual yang menyakut bagaimana memuliakan hubungan dengan Tuhan sebagai Pencipta dan bagaimana memuliakan hubungan dengan alam dan lingkungan sekitar, juga menjadi hal penting yang harus dicapai dalam pembelajaran.  

Nabi Kongzi berkata, bahwa siapapun yang dapat memasukan lima hal ke dalam kebiasaannya, maka di manapun mereka berada akan menjadi orang yang berbudi luhur. Kelima hal itu adqalah “Hormat, lapang hati, dapat dipercaya, cekatan dan murah hati. Orang yang berlaku hormat, niscaya tidak terhina; yang lapang hati, niscaya mendapat simpati umum; yang dapat dipercaya, niscaya mendapat kepercayaan orang; yang cekatan, niscaya berhasil pekerjaannya; dan yang bermurah hati niscaya diturut perintahnya.” (Lúnyǔ. XVII pasal 6).



Pengembangan karakter dan budi pekerti menjadi focus dalam pembelajara pendidikan agama. Kata kunci budi pekerti adalah tindakan, bukan sekedar pengetahuan yang harus diingat oleh pereserta didik, maka proses pembelajarannya mesti mengantar mereka dari pengetahuan tentang kebaikan, lalu menimbulkan komitmen terhadap kebaikan, dan akhirnya benar-benar melakukan kebaikan. Buku Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas X ini ditulis dengan semangat itu.

BAB 1 Konsep Dasar dan Prinsip Yīn Yáng

BAB 2 Hakikat dan Sifat Dasar Manusia

BAB 3 Pokok-pokok Peribadahan Umat Khonghucu

BAB 4 Konsep Ketuhanan

BAB 5 Sembahyang kepada Tuhan

BAB 6 Agama Khonghucu dan Perkembangannya di Indonesia

BAB 7 Rumah Ibadah Umat Khonghucu

BAB 8 Rangkaian Turunnya Wahyu Tuhan

BAB 9 Harmonis dalam Perbedaan


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Materi Pelajaran Pendidikan Agama Khonghucu dan Budi Pekerti Kelas 10 SMA/SMK Kurikulum Prototipe Buku Siswa"

Post a Comment