Materi Pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Kurikulum Prototipe Buku Siswa

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Pendidikan Kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti ini merupakan buku teks utama bagi guru dan siswa Kelas X, untuk mencapai tujuan yang diharapkan, peserta didik memiliki Profil Pelajar Pancasila sebagai pemelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global dengan berperilaku Pancasila. Lebih rinci lagi dijabarkan dalam Capaian Pembelajaran Fase E Kelas X SMA/ SMK. Pembelajaran harus berpusat pada peserta didik, untuk meningkatkan kemampuan berpikir dan menuju pencapaian Profil Pelajar Pancasila. didorong dan dilatih untuk memiliki Profil Pelajar Pancasila, menjadi pribadi yang:


1.   berakhlak mulia,

2.   bernalar kritis untuk mampu memecahkan masalah,

3.   kreatif,

4.   sikap gotong royong,

5.   sikap kebhinnekaan global, dan

6.   mandiri.




Materi kajian buku Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti memuat elemen kepercayaan meliputi: Sejarah, Budi Pekerti Luhur, Keagungan Tuhan, Martabat Spiritual dan Larangan dan Kewajiban Kepercayaan. Elemen tersebut membekali peserta didik dalam mempelajari asal-usul Kepercayaan, hubungan manusia dengan dirinya sendiri, hubungan dengan Tuhan, hubungan dengan sesama dan alam semesta. Bagian akhir merupakan materi khusus untuk membangun sikap cinta lingkungan hidup (pro-ekospiritual) sebagai bagian dari keyakinan kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

 

Penyuluh (guru) dapat melengkapi pembelajaran pada buku siswa ini dengan kegiatan-kegiatan kreatif lain yang lebih sesuai dengan lingkungan dan keadaan peserta didik, dan untuk memperkaya alternatif metode pembelajaran. Sangat terbuka untuk menggunakan sumber dan media belajar lain selain dari buku ini, di antaranya bersumber dari lingkungan sosial, lingkungan alam dan narasumber yang ahli serta sumber-sumber data online.

Bab 1. Sejarah Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa

Bab 2. Menumbuhkan Budi Pekerti Luhur Dalam Diri

Bab 3. Budi Pekerti Luhur Dalam Kehidupan

Bab 4. Keagungan Tuhan Yang Maha Esa

Bab 5. Manembah Tuhan Yang Maha Kuasa

Bab 6. Mencintai Keberagaman Budaya Spiritual Nusantara

Bab 7. Mencermati Larangan dan Kewajiban

Bab 8. Kearifan Lingkungan dan Teknologi Kekinian


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Materi Pelajaran Pendidikan Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Budi Pekerti Kelas 7 SMP Kurikulum Prototipe Buku Siswa"

Post a Comment