Buku Guru Materi Pelajaran Seni Tari Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Guru Kurikulum Merdeka Kelas IV SD Materi Pelajaran Seni Tari. Buku panduan guru untuk pelajaran seni tari SD kelas 4 ini disusun dengan berorientasi pada kurikulum yang diserderhanakan. Pada kurikulum ini, semua aktivitas pembelajaran masih berpusat pada peserta didik, berbasis aktivitas, mengembangkan literasi dan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Kurikulum ini memberikan keleluasaan bagi guru untuk membimbing peserta didik mencapai  kompetensi seni dan kompetensi kepribadian yang dirumuskan pada capaian pembelajaran. Capaian pembelajaran ditetapkan dalam enam fase, yakni fase A (SD kelas 1-2), fase B (SD kelas 3-4), fase C (SD kelas 5-6), fase D (SMP kelas 7-9), fase E (SMA kelas 10), dan fase F (SMA kelas 11-12). Fase B diperuntukkan SD kelas 3-4. Dengan demikian capaian pembelajaran untuk fase B dapat diwujudkan selama kurang lebih 2 tahun. Pencapaian kompetensinya tidak secara terpisah di setiap jenjang tingkatan kelas, hal ini tergantung kemampuan peserta didik.

Buku ini ditujukan untuk guru SD yang mengampu mata pelajaran Seni Tari di kelas 4, sebagai awal pencapaian pembelajaran fase B. Diterbitkannya buku ini sebagai tawaran untuk menerapkan materi-materi seni sesuai dengan capaian pembelajaran yang tergambar pada fase B. Pada fase B, peserta didik memiliki kemampuan untuk memahami tari sebagai cerminan kehidupan individu ataupun kelompok. 



Pemahaman ini dilakukan mulai dari kegiatan diri sendiri, mengamati kegiatan orang lain dan lingkungan sekitarnya, bahkan memahami pesan ataupun nilai-nilai yang terkandung dalam tari. Berdasarkan pengalaman tersebut peserta didik dapat memahami tari sebagai ekspresi gerak yang mencerminkan berbagai kegiatan manusia, selanjutnya peserta didik dapat mengembangkan gerak sesuai dengan ekspresinya.

Setelah membaca dan memahami buku ini, diharapkan guru dapat menerapkan langsung materi yang terdapat pada buku, atau mengembangkan serta memodifikasi konsep pada buku ini. Pengembangan sebaiknya disesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan peserta didik dengan materi seni yang berasal dari daerah setempat atau materi lain yang relevan dalam mewujudkan capaian pembelajaran.

Unit Pembelajaran 1 Mengenal Lingkungan dengan Tari

Unit Pembelajaran 2 Gerak dan Makna pada Permainan Tradisional

Unit Pembelajaran 3 Mengenal Tari melalui Cerita Rakyat


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Guru Materi Pelajaran Seni Tari Kurikulum Merdeka Kelas 4 SD"

Post a Comment