Buku Guru Materi Pelajaran Seni Teater Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP

Sahabat Edukasi yang berbahagia... Buku Guru Kurikulum Merdeka SMP Kelas VII Materi Pelajaran Seni Teater. Buku Panduan Guru Seni Teater untuk kelas 7 Sekolah Menengah Pertama berikut ini memperkenalkan seni teater sebagai suatu mata pelajaran kreatif yang bertujuan menguatkan pengembangan karakter siswa. Karakter yang dimaksud adalah kepribadian siswa yang ditentukan oleh tingkat kedewasaan budi pekerti yang meliputi kemampuan cipta, rasa,karsa, serta tindakan. Dalam hal ini pembelajaran Seni Teater merupakan suatu kegiatan pebelajaran yang lengkap dan utuh yang mencakup peningkatan keseluruhan kompetensi siswa baik aspek kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual, dan keterampilan tubuh.

Dalam buku panduan berikut pelajaran seni teater disusun sebagai pembelajaran berbasis pengalaman dimana siswa sebagai subyek pembelajar yang lebih banyak bergerak aktif melakukan kegiatan pembelajaran. Cara pembelajaran tersebut dipilih disamping karena sesuai dengan usia perkembangan siswa kelas 7 yang energik dan dinamis, tetapi juga karena pengalaman merupakan cara yang memudahkan siswa memahami pengetahuan dari hasil refleksi atas pengalamannya sendiri. Di samping itu dengan terus menerus melakukan latihan siswa membiasakan diri untuk menginternalisasi nilai-nilai baik yang terkandung dalam pembelajaran seni teater.



Setiap unit materi inti dalam buku panduan berikut disertai dengan beberapa referensi kegiatan yang memudahkan guru dalam melakukan perannya sebagai fasilitator. Dengan memamahi secara benar setiap materi inti guru kemudian akan dapat mengembangkan atau mencari variasi contoh kegiatan yang dapat diperkenalkan kepada siswa sebagai referensi. Guru juga dapat menyarankan kepada siswa siswa untuk meminta bimbingan orang tua mencari referensi kegiatan latihan dari berbagai kanal media yang tersedia secara cuma-cuma.

Seni Teater dalam sekolah umum merupakan media pendidikan. Karena itu kurasi profesional tentu bukan standar untuk menilai karya seni hasil pembelajaran siswa. Karena basis pembelajaran adalah pengalaman siswa, maka penilaian terhadap perkembangan siswa pun didasarkan atas hasil pencatatan intensif guru dalam mengenali perkembangan siswa. Buku panduan berikut juga memberikan ruang bagi guru untuk mengembangkan penilaian kualitatif dengan mendorong siswa untuk melakukan penilaian sendiri atas perkembangannya (self assement) melalui kegiatan relfeksi.

Harapannya dengan menggunaan buku panduan berikut, pembelajaran seni teater menjadi kegiatan pengembangan kompetensi siswa yang menyenangkan. Dengan suasana hati senang peserta tertarik untuk semakin lebih intensif dalam membiasakan diri untuk berlatih, belajar, membuka kesadaran, dan menggerakkan kehendaknya untuk mampu mewujdunyatakan nilai-nilai kebaikan yang terkadung dalam seni teater ke dalam sikap dan tindakannya.

Unit 1 - Dasar Kreasi Laku Peran

Unit 2 - Ekspresi Dramatik

Unit 3 - Menulis Naskah Teater


Artikel Terkait:

0 Komentar di "Buku Guru Materi Pelajaran Seni Teater Kurikulum Merdeka Kelas 7 SMP"

Post a Comment