Copy Paste Artikel Membuat Produktivitas Penulis / Blogger Berkompeten Menurun

Sahabat Edukasi yang berbahagia…

Perkenankan saya beropini di sini mengenai tindakan copy paste artikel dari situs asli untuk dipublish ke situs lain tanpa mencantumkan links sumbernya. Hal ini akan sangat mempengaruhi produktivitas sang penulis yang sebenarnya berkompeten dalam menelurkan karya-karya terbaru dan terbaiknya.

Hal ini bisa saya simpulkan dari adanya keluhan-keluhan yang senada dari blogger-blogger sejati yang tidak hanya bermodal triks akal-akalan belaka, namun juga melibatkan hati dan etika di dalam setiap aktivitas onlinenya yakni dengan membuat artikel asli darinya ataupun mencantumkan links sumber pada setiap artikel yang bukan murni buatannya sendiri.

Salah satu alasan yang membuat penulis malas dalam membuat artikel karena waktu yang dibutuhkan dari seorang blogger dalam membuat satu artikel, apalagi yang terkait dengan bahasan-bahasan yang cukup rumit, seperti halnya tutorial lengkap dan lain sebagainya. Dalam proses pembuatannya tidak hanya dalam hitungan 1 s.d. 5 menit bahkan mungkin bisa dalam waktu berjam-jam, atau bahkan berhari-hari.  

Hal ini juga merupakan pelajaran besar juga bagi saya pribadi, maka jika kesempatan lain ada, seluruh konten dalam situs ini akan saya perbaiki satu persatu, salah satu tujuannya adalah agar tali silaturahmi dengan sesama blogger dapat terjalin erat, dapat saling menghormati dan berkarya berdasarkan dunianya masing-masing, dan jika memang harus berkompetisi pun harus secara sehat, sehingga semua kegiatan blog memiliki kualitas bermakna dan berkah. Aamiin… Semoga bermanfaat dan terimakasih... Salam Edukasi...!

Artikel Terkait:

2 Komentar di "Copy Paste Artikel Membuat Produktivitas Penulis / Blogger Berkompeten Menurun"

  1. saya izin COPAS ya pak untuk isi web SMP N 30 Tebo biar ada isi, dengan tetap menuliskan sumbenya, heheheheee............

    ReplyDelete
  2. Hahahaaa.... Bisa aja Pak Komandan nich... Wong kita yang harus banyak-banyak menimba ilmu dan pengalaman njenengan kok... :)

    ReplyDelete